Home News UII Peduli Bersama Tim Mapala Unisi Merespon Wabah Covid-19

UII Peduli Bersama Tim Mapala Unisi Merespon Wabah Covid-19

724
0
Tim Mapala Unisi bersama UII Peduli siap mendistribusikan paket sembako untuk warga terdampak Covid-19. Foto: Mapala Unisi

BERNASNEWS.COM – Sebagai entitas akademik bagian dari bangsa, UII turut berikhtiar merespon persoalan melalui berbagai aksi. Donasi yang terhimpun melalui UII Peduli, terus disalurkan ke masyarakat dan tenaga kesehatan dalam bentuk yang diperlukan.

Dalam memerangi pandemi Covid-19, organisasi kemahasiswaan di lingkungan kampus pun dilibatkan. Salah satunya adalah Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Universitas Islam Indonesia (Unisi) dengan membentuk “Tim Mapala Unisi Respon Bencana Wabah Covid-19” beranggotakan 15 Anggota Mapala Unisi.

Koordinator aksi dari Mapala Unisi, Triwibowo Popo Alan Kusuma, di Posko Mapala Unisi, Kampus UII Cik Ditiro Yogyakarta, Kamis (23/4/2020), seperti dikutip Rifqi Sasmita Hadi dari Humas UII, mengatakan, bersama UII Peduli telah melakukan berbagai aksi guna meringankan beban yang dihadapi masyarakat dalam melewati wabah Covid-19.

Seorang warga (kiri) menerima paket sembako dari program UII Peduli. Foto : Mapala Unisi

Dikatakan Popo-sapaan akrabnya-Mapala Unisi telah melakukan penyemprotan disinfektan dan penempelan poster himbauan terkait dengan wabah Covid-19 di dusun mitra kerja di lereng Gunung Merapi yaitu Dusun Turgo dan Tritis, Desa Purwobiangun, Kecamatan Pakem, Sleman, Dusun Deles, Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Klaten, Jawa Tengah dan Desa Genikan, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

(Baca juga : Merespon Wabah Covid-19, UII Bentuk Tim UIISiaga Covid-19)

Sementara Muhibar Sobary Ardan, Tim Teknis Lapangan, menyebutkan pembagian masker kepada masyarakat khususnya tukang becak juga dilakukan sebagai bagian masyarakat yang turut berdampak. “Sebanyak 150 pcs masker dibagikan. Selain itu, juga dibagikan hand sanitizer sebanyak 100 pcs di daerah Malioboro dan Tugu Kota Yogyakarta,” imbuhnya.

Tim Mapala Unisi mendiristribusikan paket sembako dalam program UII Pedulu. Foto: Mapala Unisi

Donasi yang terhimpun di UII Peduli juga diwujudkan dalam bentuk Alat Pelindung Diri (APD) berupa Hazmat Suit. APD atau yang juga dikenal dengan pakaian dekontaminasi ini berjumlah 150 pcs. Selain itu, dibagikan sarung tangan latex 150 pcs, masker bedah 150 pcs dan face shield 150 pcs.

Dalam memproduksi Hazrat Suit ini bekerjasama dengan UMKM Mata Capung. “Barang tersebut didistribusikan ke RS Islam PDHI Yogyakarta, RS Nur Hidayah Bantul, RS Islam Lampung, Puskesmas Ngaglik 1, Puskesmas Ngaglik 2 dan PMI Kabupaten Sleman,” kata Ardan.

Donasi UII Peduli yang terhimpun juga didistribusikan Mapala Unisi dalam bentuk 155 paket sembako yang terdiri dari beras, minyak, masker, telur, mi instan dan sabun yang didistribusikan ke Jamaah Masjid Darussalam, Jogoyudan, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta. “Upaya ini juga untuk menyambut bulan Ramadhan 1441 H,” ujar Ardan. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here