Sunday, August 14, 2022
spot_imgspot_imgspot_img
spot_img
HomeUII Menerapkan Seleksi PMB 2022 dengan Pola CBT #DariRumahSaja

UII Menerapkan Seleksi PMB 2022 dengan Pola CBT #DariRumahSaja

BERNASNEWS.COM – Seleksi mahasiswa baru UII tahun akademik 2022/2023 yang dimulai Selasa, 14 Desember 2021, menerapkan berbagai pola, salah satunya dengan pola seleksi Computer Based Test (CBT) yang bisa dilakukan #DariRumahSaja melalui CBT From Home. Penyelenggaraan pola seleksi Computer Based Test (CBT) #DariRumahSaja melalui CBT From Home ini dimaksudkan untuk memudahkan pendaftar.

Selain itu, UII juga menyediakan CBT di sekolah-sekolah mitra dengan pilihan lokasi tes di 25 sekolah/institusi mitra yang tersebar di beberapa provinsi di Indonesia yakni di Aceh, Bengkulu, Jambi, Riau, Nusa Tenggara Barat serta lokasi lain di Pulau Jawa, Sumatra dan Kalimantan.

Menurut Beni Suranto ST, M.Soft.Eng, Ketua Pelaksana PMB UII,, pola seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UII Program Diploma dan Sarjana Tahun Akademik 2022/2023 bermacam-macam. Selain dengan pola CBT seperti tersebut di atas juga dengan seleksi Berbasis Rapor (Siber Kedokteran dan Siber Non-Kedokteran), Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB) Tanpa Beasiswa dan Penelusuran Pemimpin Muda (PPM).

Sedangkan pola seleksi lainnya akan dibuka menyusul pada bulan Januari 2022, yaitu PSB dengan Beasiswa, Penelusuran Hafiz Al-Qur’an (PHA), CBT From Home, PMB Bersama APTISI V dan PMB Bersama BKS PTIS serta Future Global Leaders Scholarships bagi calon mahasiswa asing.

Perpustakaan Pusat UII. Foto: Humas UII

Dikatakan, PMB UII TA 2022/2023 ini mengambil tema “UIIMantu” yang merupakan akronim dari “UII Memantapkan Dua Hati Menyatu” yaitu antara kamu (calon mahasiswa baru) dan masa depanmu bersama UII. “UII menawarkan 25 program studi sarjana dan 4 program studi program diploma yang tersebar di 8 fakultas,” kata Beni Suranto dalam rilis yang dikirim kepada Bernasnews.com pada Selasa 14 Desember 2021.

Menurut Beni, pada PMB tahun akademik 2022/2023 ini, UII memberikan kesempatan bagi mahasiswa baru program Sarjana (S1) dan Diploma (D3) untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan melalui seleksi program beasiswa sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan.

Beberapa program beasiswa yang ditawarkan meliputi Beasiswa Hafiz Al-Qur’an 15 juz dan 30 juz, Beasiswa Duafa, Beasiswa Santri Unggulan UII, Beasiswa Atlet & Juara Seni serta Beasiswa Unggulan.

Beni Suranto menjelaskan bahwa PMB UII untuk jenjang S1 dan D3 Tahun Akademik 2022/2023 dimulai lebih awal pada pertengahan Desember 2021 untuk merespons UII atas banyaknya pertanyaan dan aspirasi dari para calon mahasiswa yang sudah menyatakan ingin segera bergabung merintis masa depan bersama UII. Pada tahun-tahun sebelumnya PMB dibuka muli bulan Januari.

“Panitia PMB UII terus meningkatkan kualitas layanan melalui rancang ulang interaksi pengguna pada website dan sistem admisi agar semakin intuitif, efektif dan mudah digunakan oleh para calon mahasiswa,” kata Beni yang juga sebagai Direktur Direktorat Pembinaan Kemahasiswaan UII.

Terkait dengan situasi pandemi Covid-19 di Indonesia, menurut Beni, pelaksanaan seleksi PMB UII dilakukan secara daring dan meniadakan layanan tatap muka untuk sementara waktu. (lip)

         

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments