Monday, August 8, 2022
spot_imgspot_imgspot_img
spot_img
HomePendidikanUII Bersama IKA Melakukan Gerakan Tanam Pohon secara Serentak

UII Bersama IKA Melakukan Gerakan Tanam Pohon secara Serentak

BERNASNEWS.COM – UII bersama Ikatan Alumni (IKA) UII melakukan gerakan menanam pohon secara serentak di sejumlah daerah di Indonesia pada Jumat, 31 Desember 2021. Gerakan menanam pohon ini sebagai wujud komitmen UII dan IKA UII untuk ikut memelihara bumi dan melestarikannya.

Melalui gerakan menanam pohon yang dipusatkan di selasar Gedung Kuliah Umum Prof Dr Sardjito, kampus terpadu UII tersebut, UII berusaha mengoptimalkan peran tersebut melalui gerakan UII Bumi Lestari. Kegiatan penanaman pohon ini tidak hanya dilakukan sekitar kampus, tapi juga di seluruh wilayah Indonesia.

“UII menggandeng Ikatan Keluarga Alumni (IKA) untuk turut menanam pohon di wilayah kerja masing-masing. Perwakilan IKA UII turut menanam pohon di tempat masing-masing dan disiarkan secara daring pada saat acara,” kata Dr Ing Ir Ilya Fadjar Maharika MA IAI, Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan/Rumah Gagasan (BPP/RG) UII, dalam laporannya pada acara pembukaan gerakan tanam pohon bertajuk UII Bumi Lestari itu.

Rektor UII Prof Fathul Wahid ST MSc PhD (kedua dari kiri) bersama Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan/Rumah Gagasan (BPP/RG) UII Dr Ing Ir Ilya Fadjar Maharika MA IAI (kiri) dan rombongan bersepeda menuju 7 titik penanaman pohon secara simbolis di kompleks kampus terpadu UII, Jumat 31 Desember 2021. Foto: Humas UII

Di lingkungan kampus terpadu UII, sedikitnya 7 titik penanaman pohon secara simbolis yang dipimpin Rektor UII Prof Fathul Wahid ST MSc PhD. Selain itu, dilakukan pelepasan 5 ekor angsa di embung UII sebagai simbol bahwa pelestarian alam tidak hanya dengan menanam pohon tapi juga memelihara unggas maupun hewan-hewan lainnya.

Untuk menuju titik-titik penanaman pohon secara simbolis di bawah panas terik matahari, Rektor UII bersama rombongan menggunakan sepeda.

Menurut Ilya Fadjar Maharika, kegiatan ini harus terus digaungkan, terlebih UII dikenal dengan slogan Islam rahmatan lil ‘alamin” yang selaras dengan aktivitas cinta lingkungan. Karena itu, upaya memperbanyak ruang terbuka hijau dengan menanam pohon di dalam dan luar kampus perlu terus ditingkatkan.

Rektor UII Prof Fathul Wahid ST MSc PhD melakukan penanaman pohon secara simbolis di kompleks kampus terpadu UII, Jumat 31 Desember 2021. Foto: Humas UII

“Ini juga sebagai proses implementasi penghijauan kembali gedung-gedung yang ada,” kata Ilya Fadjar Maharika.

Menurut Dosen FTSP UII ini, pihaknaye menargetkan menanam 847 pohon besar dan kecil serta 968 pucuk tanaman lain. Sehingga akumulasi yang ada didapatkan kurang lebih 1.772 pucuk tanaman baikyang sudah tertanam maupun yang masih dalam proses penanaman.

Sementara itu, dorongan dari Ikatan Keluarga Alumni (IKA UII) semakin meramaikan gerakan menanam pohon ini. Sekretaris Jenderal (Sekjen) IKA UII Dr Ari Yusuf Amir SH MH yang bergabung secara daring dari daerah Cikeas mengaku berbahagia dengan upaya yang dilakukan IKA UII bersama almamaternya. “Kami sadar betul bahwa sangat penting untuk menjaga alam semesta dari bencana seperti polusi udara, banjir, efek rumah kaca dan sebagainya,” kata Ari.

Semarak gelora lestari bumi yang digaungkan tidak hanya sebatas kata-kata. Ini terbukti, para alumni turut serta dalam penanaman pohon di berbagai daerah Indonesia. Menurut Ari, hampir 2.000 bibit pohon ditanam secara bersamaan. IKA UII regional Jawa Tengah menjadi yang paling dominan dalam menyumbang pohon yakni 807 pohon. Ari mengatakan gerakan ini akan berlanjut dalamjangka panjang dengan dukungan organisasinya.

Ikhtiar UII Menyongsong Kehidupan Berkelanjutan

Sementara Rektor UII Prof Fathul Wahid ST MSc PhD mengatakan, gerakan UII Bumi Lestari merupakan ikhtiar berkelanjutan dari kampus tertua yang ada di Indonesia ini. Eksistensi dalam merespon penanganan isu global, krisis energi, perubahan iklim dan lainnya merupakan wujud komitmen yang coba digelorakan.

Rektor UII Prof Fathul Wahid ST MSc PhD (kedua dari kiri) bersama Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan/Rumah Gagasan (BPP/RG) UII Dr Ing Ir Ilya Fadjar Maharika MA IAI melepas angsa di embung kampus terpadu UII, Jumat 31 Desember 2021. Foto: Philipus Jehamun/Bernasnews.com

Eksploitasi lingkungan yang berlebihan hampir pasti diketahui akibat ulah tangan manusia. “Kita semua bisa jadi turut andil dalam permasalahan lingkungan,” tutur Fathul Wahid.

Dikatakan, UII berkomitmen untuk mewujudkan kampus yang lebih ramah lingkungan, di antaranya melalui proses pembangunan kampus. Konsep dan prioritas ruang hijau menjadi bukti ikhtiar UII. Penghijauan ini bukan tanpa sebab. Mengutip sebuah survey, Prof Fathul mengatakan bahwa kedekatan diri dengan lingkungan membuat orang tidak kesepian.

Pihaknya juga terus menggerakkan digitalisasi sebagai bagian dari upaya untuk mengurangi penggunaan sumber daya yang tidak ramah lingkungan. Melalui digitalisasi, penggunaan kertas ketika rapat semakin berkurang karena dokumen lebih kerap dibagikan secara digital. “Digitalisasi sangat membantu untuk menegaskan akan kesadaran lingkungan kita,” kata Prof Fathul.

Dikatakan, aksi nyata lainnya adalah pembuatan embung yang dikerjakan secara kolektif bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) beberapa waktu lalu. (lip)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments