Home News Tuntut Sunmor UGM segera Dibuka, Anggota PPSM UGM Demo

Tuntut Sunmor UGM segera Dibuka, Anggota PPSM UGM Demo

265
0
Anggota PPSM UGM melakukan demo di Bundaran UGM, Jumat 10 Desember 2021. Foto: Philipus Jehamun/Bernasnews.com

BERNASNEWS.COM – Ratusan anggota PPSM (Perkumpulan Pedagang Sunday Morning) UGM melakukan aksi unjukrasa/demo di Bundaran UGM pada Jumat, 10 Desember 2021. Dalam aksi yang dijaga ketat petugas keamanan kampus UGM itu, para anggota PPSM UGM menyampaikan 7 tuntutan, yakni:

Pertama, meminta Rektor UGM menyediakan ruang dan waktu untuk audiensi bersama perwakilan PPSM; kedua, menuntut UGM untuk memperjelas nasib perpanjangan kerjasama pengelolaan Sunday Morning bersama PPSM agar anggota PPSM dapat segera memulai kembali aktivitas usahanya;

Ketiga, mengecam berbagai upaya dari oknum tertentu yang bertujuan untuk memecahbelah organisai PPSM sebagai organisasi resmi anggota pedagang Sunday Morning UGM;

Keempat, menolak kesepakatan-kesepakatan terkait pengelolaan Sunday Morning UGM di luar sepengetahuan kepengurusan resmi organisasi PPSM; kelima, meminta UGM dapat kembali bekerjasama dengan PPSM terkait dengan pembinaan anggota PPSM yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat sebagai subyek sekaligus obyek Tri Dharma Perguruan Tinggi UGM.

Anggota PPSM UGM melakukan demo di Bundaran UGM, Jumat 10 Desember 2021. Foto: Philipus Jehamun/Bernasnews.com

Keenam, menuntut UGM untuk bersikap bijaksana atas permasalahan pengelolaan Sunday Morning UGM saat ini. Dan ketujuh, menuntut pemerintah mengakomodasi hak pedagang kecil menengah atau UMKM dengan wujud mengeluarkan kebijakan perlindungan dan pemberdayaan yang komprehensif serta demokratis.

Dalam pernyataan sikap PPSM UGM yang diterima Bernasnews.com dalam Aksi Solidaritas Peduli Sunmor UGM, Jumat 10 Desember 2021 disebutkan bahwa tuntutan tersebut didasarkan beberapa hal. Yakni, adanya carut marut kondisi ekonomi anggota PPSM UGM karena tidak diizinkan untuk berjualan sejak awal pandemi Covid-19 hingga saat ini.

Anggota PPSM UGM melakukan demo di Bundaran UGM, Jumat 10 Desember 2021. Foto: Philipus Jehamun/Bernasnews.com

Selain itu, penundaan perpanjangan kerjasama antara UGM dengan PPSM atas pengelolaan Sunday Morning UGM serta perkembangan polemik berkepanjangan yang melibatkan institusi UGM, Pemerinth Kalurahan Caturtunggal, Kapanewon Depok.

Aksi solidaritas yang bertepatan dengan peringatan Hari Hak Asasi Manusia ini diikuti aliansi Peduli Sunday Morning UGM yang terdiri dari Serikat Mahasiswa Indonesia (SMI) Yogyakarta, Sekolah Bersama Yogyakarta, BEM Nusantara DIY, LKBHMI DIY, Permahi DIY, BKBH GMNI Yogyakarta, Sopink UMY, KMPD UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Lingkar Studi dan Perjuangan Demokrasi UCY, GMKI Yogyakarta, KPR Yogyakarta, LFSY, KAMMI Cabang Sleman dan Front Perjuangan Pemuda Indonesia Pimpinan Kota Yogyakarta. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here