Home News Traffic Bandara Adisutjipto Mengalami Lonjakan Jelang Libur Nataru

Traffic Bandara Adisutjipto Mengalami Lonjakan Jelang Libur Nataru

87
0
Penumpang sebuah maskapai penerbangan saat menaiki tangga peswat di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta. (Foto: Kiriman Angkasa Pura)

BERNASNEWS.COM — Lalu lintas pesawat dan penumpang di Bandara Adisutjipto mengalami peningkatan secar signifikan menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2022. Hal tersebut terlihat dari rata-rata penumpang harian yang meningkat sebanyak 20 persen.

“Sampai dengan tanggal 23 Desember, Bandara Adisutjipto mencatatkan 21.000 penumpang. Hal tersebut merupakan peningkatan jika dibandingkan keseluruhan bulan November yaitu 22.000 penumpang. Sehingga selama bulan Desember ini terdapat peningkatan sekitar 20 persen untuk rata-rata jumlah penumpang harian,” jelas General Manager Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama.

Menurutnya, angka vaksinasi di Indonesia yang sudah cukup baik serta harga PCR yang lebih terjangkau diperkirakan menjadi pendorong meningkatnya animo masyarakat untuk melakukan perjalanan udara.

Suasana kesibukan di ruang pemberangkatan Bandara Asisutjipto, Yogyakarta. (Foto: Kiriman Angkasa Pura)

“Ketika masyarakat sudah melakukan vaksinasi lengkap, maka secara regulasi juga lebih mudah karena cukup melampirkan hasil antigen saja. Disamping itu, angka vaksinasi di Indonesia yang tinggi membuat masyarakat lebih percaya untuk melakukan perjalanan dengan moda transportasi udara,” ujar Agus Pandu Purnama, dalam rilisnya yang dikirim ke Bernasnews.com, Jumat (24/12/2021)

Adapun regulasi perjalanan udara akan disesuaikan selama masa Pembatasan Perjalanan periode Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2022. Sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Perhubungan no. 111 tahun 2021, Untuk pelaku perjalanan yang telah mendapatkan vaksinasi lengkap cukup melampirkan hasil antigen yang berlaku 1 x 24 Jam setelah hasil keluar. Sedangkan bagi pelaku perjalanan udara yang belum mendapatkan vaksinasi lengkap, untuk sementara mobilitasnya dibatasi.

“Surat Edaran Kementerian Perhubungan no.111 Tahun 2021 mulai berlaku pada tanggal 24 Desember hingga 2 Januari 2022. Bagi para pengguna jasa yang akan melakukan perjalanan pada tanggal tersebut dimohon untuk tetap mematuhi protokol kesehatan serta memahami peraturan yang berlaku demi kenyamanan dan keamanan bersama,” tutup Agus Pandu Purnama. (*/ Nuning)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here