Totok Parwoto Peternak Babi di Boyolali, Pantang Menyerah di Masa Pandemi

    652
    0
    Totok Marwoto sosok seorang pengusaha ternak babi yang tangguh di Boyolali, Jawa Tengah. (Foto: Hana Theresia Dameni, Mahasiswa Public Relations ASMI Santa Maria Yogyakarta)

    BERNASNEWS.COM — Totok Parwoto (32), putra kelahiran Solo memiliki usaha ternak babi di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Totok Prawoto memiliki tekad yang kuat dalam bisnis peternakan babi yang sudah banyak dikenal orang tersebut. Hal ini dijadikan semangat dalam menghadapi kondisi apa pun, termasuk kondisi pandemi Covid-19 ini.

    “Mulai berbisnis ternak babi dari 8 ekor babi. Dari 8 ekor babi itu saya kembangkan hingga usaha tersebut sampai saat ini, dengan lahan ternak babi sekitar 2.000 meter persegi,” ungkap Toto Parwoto, di sela-sela kegiatannya di peternakan, Rabu (23/9/2020).

    Menurut Totok, penjualan babi pada masa pandemi ini memang turun drastis. Ini berbeda sebelum adanya pandemi dimana omset atau pemasukan cukup banyak. Semua babi yang umurnya sudah layak dijual, dikirim ke Tangerang dan Jakarta dalam waktu dua minggu sekali.

    Babi-babi hasil peternakan Totok Marwoto yang siap dipasarkan dikirim ke Tangerang dan Jakarta. (Foto: Hana Theresia Dameni)

    “Harapan saya ke depan permintaan pasar babi kembali naik, agar banyak orderan masuk sehingga bisa menghidupi istri dan anak saya di masa pandemi ini,” ujar Totok.

    Saat ini Totok Prawoto memilik babi berkisar 148 ekor terdiri dari induk babi betina 45 ekor, pejantan 3 ekor dan anakan babi sekitar 100 ekor lahir. Jumlah pegawai 4 orang, di bagian pakan 2 orang dan mengelola babi indukan 2 orang.

    “Dalam pandemi ini, saya tidak akan menyerah. Karena bagi saya usaha apa pun itu adalah kunci kesuksesan, gagal bukan berarti langsung menyerah. Justru kegagalan itu mengajarkan tentang damai di hati,” pungkasnya. (Hana Theresia Dameni, Mahasiswa Public Relations ASMI Santa Maria Yogyakarta)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here