Tuesday, June 28, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsTonjolkan Nuansa Indis, Fasad Pasar Beringharjo Dicat Warna Putih Tulang

Tonjolkan Nuansa Indis, Fasad Pasar Beringharjo Dicat Warna Putih Tulang

bernasnews.com — Pasar bagian dari pariwisata. Karena begitu Pasar Beringharjo dipercantik setiap orang berselfie di depan pasar. Pasar harapan kita bukan hanya sebagai tempat belanja tapi sebagai tempat wisata, tempat kuliner. Karena Pasar Beringharjo ini juga mendukung wisata Malioboro dan Kota Yogyakarta.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta Veronica Ambar Ismuwardani, Rabu (25/5/2022), berkenaan dengan warna wajah bangunan Pasar Beringharjo di kawasan Malioboro Kota Yogyakarta tampil baru. Tampilan fasad bangunan berubah dengan cat warna putih tulang dari sebelumnya berwarna hijau..

“Pengembalian warna fasad Pasar Beringharjo itu menyesuaikan ketentuan Pemda DIY terkait fasad bangunan di kawasan Malioboro dicat putih,” terang Veronica Ambar, seperti dikutip dari Portal Berita Pemerintah Kota Yogyakarta.

Dikatakan, penataan Malioboro untuk pedestrian, sehingga lingkungan juga berubah dimana kebijakannya adalah mengembalikan fasad bangunan seperti era kolonial dulu. Terutama pada warna cat fasad bangunan juga bernuansa Indis.

Pasar Beringharjo sebagai bagian dari sumbu filosofi dan bagian dari kebijakan itu yang otomatis harus mengubah diri. “Oleh karena itu Pasar Beringharjo sebagai cagar budaya dan Pemkot Yogyakarta hadir di sini, sehingga kita harus segera memberi contoh untuk sekitar untuk mulai berubah,” ujar Veronica.

Pengecatan fasad bangunan Pasar Beringharjo yang berada di sisi barat itu dimulai pada awal Mei 2022 dan selesai pada 20 Mei 2022. Pengecatan fasad bangunan Pasar Beringharjo tidak menggunakan anggaran APBD Kota Yogyakarta karena belum dianggarkan.

“Namun dibawah kebijakan Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat itu ditarget harus segera ada penyesuaian. Akhirnya pengecatan dibantu dari pihak swasta penyedia cat melalui forum Corporate Social Responsibility (CSR) Kota Yogyakarta,” paparnya. (ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments