Home Pariwisata Tol Kayangan di Sawangan Makin Ramai Dikunjungi Wisatawan

Tol Kayangan di Sawangan Makin Ramai Dikunjungi Wisatawan

89
0
Tol Kahyangan di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Minggu 10 Oktober 2021. Foto: Philipus Jehamun/Bernasnews.com

BERNASNEWS.COM – Tempat wisata alam Tol Kahyangan di lereng Gunung Merbabu tak jauh dari jalan Magelang-Boyolali via Selo, Sawangan, Magelang semakin ramai dikunjungi wisatawan. Meski medan yang menanjak melintasi jalan desa tak mengurangi minat masyarakat untuk menikmati pemandangan lanskap lahan pertanian yang indah dan menarik di lereng-lereng bukit tersebut.

Ahmad Suroso, salah seorang pengunjung mengaku pemandangan indah berupa lanskap lahan pertanian di lereng-lereng bukit kanan kiri Tol Kahyangan ditambah udara yang sejuk dingin membuat pengunjung betah berlama-lama di sini.

“Saat kawasan itu berkabut bak negeri di atas awan, negeri para dewa dewi. Seperti terlihat saat kami hasher 168 HHH tiba Senin (18/10/2021) sekitar pukul 14.30, jalan sepanjang 5 km seolah benar-benar menembus kahyangan,” kata Suroso dikutip Bernasnews.com di akun Instagramnya @roso_free yang diunggah pada Selasa, 19 Oktober 2021.

Tol Kahyangan di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Minggu 10 Oktober 2021. Foto: Philipus Jehamun/Bernasnews.com

Tol Kahyangan di Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang mulai viral sekitar dua bulan lalu oleh par goweser. Sebelumnya, pada pertengahan 2020 jalan Bawang-Dieng Banjarnegara juga viral dengan julukan yang sama Tol Kahyangan.

Tol Kahyangan yang berada di lereng Gunung Merbabu ini tak jauh dari jalan Magelang-Boyolali via Selo. Saat melintas di Tol Kahyawan Sawangan yang lagi viral sebulan ini, pengunjung akan disuguhi keindahan panorama Merapi dan Merbabu. Deretan rumah di kanan kiri jalan menanjak curam yang membelah Dusun Wonodadi, Desa Wonolelo mirip Nepal van Java di Magelang jug. Setelah itu tampak jalan berkelok-kelok yang seolah menuju ke langit melalui lereng Merbabu.

Wisatawan makan dan minum di warung terbuka sambil menikmati udara segar dan keindahan lanskap lahan pertanian di Tol Khayangan Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (10/10/2021). Foto: Philipus Jehamun/Bernasnews.com

Viralnya Tol Kahyangan membawa berkah bagi warga sekitar. Banyak bermunculan warung makan dan minuman darurat yang laris, karena hampir tiap hari ramai pengunjung, terutama pada hari Sabtu dan Minggu atau pada hari-hari libur.

Menurut Ahmad Suroso, saat kawasan itu berkabut suasananya seperti negeri di atas awan, negeri para dewa dewi sehingga disebut kahyangan. Suroso yang bersama hasher 168 HHH tiba di tempat itu pada hari Senin (18/10/2021) sekitar pukul 14.30. Deretan rumah di kanan kiri jalan menanjak curam yang membelah dusun Wonodadi, Desa Wonolelo mirip Nepal van Java. Setelah itu tampak jalan berkelok-kelok yang seolah menuju ke langit melalui lereng Merbabu. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here