Home News TNI-Polri Bersinergi Amankan Peresmian Bandara YIA

TNI-Polri Bersinergi Amankan Peresmian Bandara YIA

333
0
Presiden RI Joko Widodo menandatangani prasasti menandai peresmian Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo, Jumat (298/8/2020). Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM – TNI dan Polri bersinergi mengamankan acara peresmian bandar udara (bandara) Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo, DIY, Jumat (28/8/2020). Hal ini ditandai dengan kehadiran Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari SIP MSi bersama Kapolda DIY Irjen Pol Drs Asep Suhendar yang ikut turun lapangan dalam pengamanan acara peresmian Bandar Udara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo oleh Presiden Joko Widodo.

Presiden RI yang didampingi Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi disambut Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Fail Fahm.

(Baca juga : Presiden Joko Widodo Resmikan Yogyakarta International Airport)

Seperti diberitakan Bernasnews.com (28/8/2020), Presiden Joko Widodo meresmikan Yogyakarta International Airport (YIA), Jumat (28/8/2020), dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Eric Thohir, Gubernur DIY Sri Sultan HB X, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bupati Kulonprogo Sutedjo serta jajaran Direksi PT Angkasa Pura I.

Presiden RI Joko Widodo turun dari pesawat kepresidenan yang mendarat di Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo, Jumat (298/8/2020). Foto : Istimewa

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi mengapresiasi pembangunan YIA yang tergolong cepat, hanya 20 bulan. Dan kini, pembangunan YIA telah selesai 100 persen. Bandara YIA memiliki panjang runway mencapai 3.250 meter jauh lebih panjang dibanding Bandara Adisutjipto hanya memiliki panjang runway 2.200 meter. Hal ini memungkinkan pesawat jenis Airbus A380 dan Boeing 777 bisa mendarat di YIA. “Pesawat yang paling besar sekalipun bisa turun di sini,” ujar Jokowi..

Untuk pengawasan pembebasan lahan dan urusan arsitek, Jokowi memasrahkan pada Pemda DIY. Jokowi ingin agar desain YIA benar-benar kental dengan suasana Yogyakarta.

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari SIP MSi (kedua dari kiri) bersama Kapolda DIY Irjen Pol Drs Asep Suhendar (ketiga dari kiri) turun lapangan dalam pengamanan acara peresmian Bandar Udara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo oleh Presiden Joko Widodo, Jumat (28/8/2020). Foto : Istimewa

Presiden pun mengapresiasi arsitektur YIA yang menakjubkan. Hal ini menunjukkan keahlian Gubernur DIY Sri Sultan HB X yang sangat mumpuni dalam hal urusan arsitek. Bahkan detil konstruksi dan arsitektur bandara YIA, menurut Jokowi, merupakan yang terbaik di Indonesia.

Sementara Gubernur DIY Sri Sultan HB X berharap dengan diresmikannya YIA maka peluang bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Yogyakarta semakin meningkat. Beberapa waktu lalu ketika menyampaikan rencana pembangunan bandara baru, presiden sangat mendukung rencana tersebut.

“Pada waktu menyampaikan harapan ini kepada Presiden, beliau sangat mendukung. Dan Presiden berpesan agar pemerintah DIY membantu pembebasan tanah sampai arsitektur yang menunjukkan ciri khas Yogyakarta,” ujarnya. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here