Wednesday, May 18, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomePendidikanTK Negeri 3 Jogja Pergunakan Besek untuk Bagi Daging Kurban

TK Negeri 3 Jogja Pergunakan Besek untuk Bagi Daging Kurban

BERNASNEWS.COM — Dalam rangka meneladani kisah Nabi Ibrahim AS dan merayakan hari Idul Adha 1440 H, Pamong, Siswa, dan Komite Sekolah Taman Kana-kanak (TK) Negeri 3 Yogyakarta, Selasa (13/08/2019), melaksanakan penyembelihan hewan kurban, di halaman sekolah, Suryoputran, Kelurahan Panembahan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta.

Kepala Sekolah TK Negeri 3 Yogyakarta Kamilah, S.Pd, kepada Bernasnews.com, menjelaskan bahwa pada tahun ketiga ini telah berkorban hewan seekor lembu dan tambah dua ekor kambing, untuk sohibul baid (yang berkorban) lembu, yaitu Kamilah, Riyanti, Armas, Eni Kusrini, Sheiraya Senja Shofa, Kelompok Bermain (KB) Kirana, dan Keluarga Besar TK Negeri 3 Yogyakarta. Dan sohibul baid kambing, adalah Dewi Widyastuti dan TK Negeri 3 Yogyakarta.

“Alhamdulillah Idul Adha tahun ini (1440 H/ 2019 M) TK Negeri 3 bisa berkorban seekor lembu dan dua kambing. Tujuan kami selenggarakan di sekolah, pertama sebagai bentuk pendidikan kepada siswa dalam meneladani kisah Nabi Ibrahim SA, yaitu berupa ketaatan dan kesalehan. Kedua, mengajarkan kepada siswa pentingnya berkorban dan berbagi pada sesama. Ketiga, sebagai bentuk syukur dan berbaurnya sekolah dengan masyarakat sekitar,” terang Kamilah, disela acara penyembelihan hewan korban.

Sementara itu, Dewi Widyastuti selaku guru agama, menambahkan, penyembelihan hewan kurban tersebut merupakan bagian dari kegiatan Panitia Hari Besar Agama (PHBA) yaitu dalam rangka merayakan Idul Adha 1440 H. Sedangkan untuk kegiatan selain Islam diampu oleh guru agama masing-masing.

“Kami dalam peringatan hari raya keagamaan lebih pada kegiatan PHBA, karena di TK Negeri 3 untuk pendidikan agama ada dua bagian, yaitu guru agama Islam ada dua orang dan guru agama Katolik/ Kristen ada satu guru agama. Sehingga untuk merayakan hari keagamaan diserahkan pada guru pengampu dan siswanya,” imbuh Dewi.

Dalam bidang pendidikan agama Islam, TK Negeri 3 Yogyakarta mempunyai tujuan umum seimbangkan kepentingan duniawi dan akherat, pada tahun ajaran baru ini akan melaksanakan program baru, diantaranya praktek ibadah untuk siswa dan Pesantren Ramadhan, yaitu selama tiga hari pada bulan Ramadhan mendatang siswa secara fokus diajarkan dalam hal ibadah, iqro’ (baca Qur’an) dan pendalaman akhlak.

“Sedangkan untuk memperingati dan memeriahkan HUT ke 74 Kemerdekaan RI, digelar aneka lomba untuk siswa dari yang bersifat individual atau perseorangan dan lomba yang bersifat kerja sama, seperti lari estafet dan lari balon berpasangan. Lomba individual berupa lomba mengupas telor puyuh, dengan tujuan mendidik anak memadukan aktifitas dan kehalusan rasa, yaitu selarasnya psychomotoric, afektif, serta cognitif,” ujarnya.

Menariknya dalam pelaksanaan pembagian daging korban kali ini, PHBA TK Negeri 3 Yogyakarta yang didukung oleh Komite Sekolah mengemasnya dalam sebuah besek (kotak anyaman bambu) dengan diberi alas daun jati. Hal ini sesuai dengan program sekolah dalam upaya mengurangi sampah/ limbah plastik yang dapat mencemari tanah. Juga selama ini TK Negeri 3 Yogyakarta telah memanfaatkan kertas-kerta bekas untuk dijadikan daur ulang berupa hasil prakarya dari siswa, seperti boneka jari dan wayang kancil. Karya siswa ini pernah dipamerkan pada Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) 2018 lalu. (ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments