Tuesday, May 17, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomePendidikanTK ABA Kricak Kidul Yogyakarta Beradaptasi dengan Perkembangan

TK ABA Kricak Kidul Yogyakarta Beradaptasi dengan Perkembangan

BERNASNEWS.COM –  Kepala Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal (TK ABA) Kricak Kidul, Kemantren Tegalrejo, Yogyakarta Martini , SPd MPsi mengemukakan, lembaga pendidikan yang dipimpinnya adalah untuk anak usia dini yang fokus memberi pendidikan modern, namun tetap berlandaskan nilai-nilai luhur keagamaan.

“Sebagai anggota IGTK PGRI Kemantren Tegalrejo Yogyakarta yang diberi amanah sebagai kepala sekolah, saya dan para guru tetap semangat berusaha menjadi pendidik yang beradaptasi dengan perkembangan dan semangat untuk belajar menulis,” kata dia ketika menerima kunjungan Pegiat Literasi YB Margantoro di sekolah setempat, Kricak Kidul, Tegalrejo, Yogyakarta, Rabu (19/1/2022)

Pada kesempatan ini, Margantoro menyerahkan dua buku bertajuk Keluarga adalah Guru karya Komunitas Sahabat Buku (KSB) Yogyakarta dan Diary Hazel di Sini Senang di Sana Senang karya Agatha Krideri M.

“Pemberian buku dimaksudkan agar para Bunda di TK ABA Kricak Kidul Yogyakarta  termotivasi untuk belajar dan berkarya literasi. Setiap pendidik di semua jenjang pendidikan memang harus menekuni literasi agar gerakan literasi nasional khususnya di sekolah dapat berhasil,” kata dia.

Martini mengemukakan, pada bulan Februari 2022 sekolah yang dia pimpin ini mencapai usia 35 tahun. Dia dan para guru bersepakat untuk mengkado momentum istimewa itu dengan karya literasi.     

Guru TK ABA Kricak Kidul Yogyakarta saat ini adalah Dini Sumarsih SPd.AUD, Triana SPd.AUD, Okti Wulandari SPd M.Psi, Supini SPd.AUD, Kanti Nugrahani, Suratini SPd, Kasilah SPd.AUD, Sriyani SPd.AUD. Sedangkan Guru Kelompok Bermain (KB) Aisyiyah Munawwaroh ri Tularsih Fitri Hapsari SE dan Suryaningsih SPd.     

Melayani anak kurang mampu

Bicara tentang sejarah sekolah, Martini SPd MPsi mengatakan, berawal pada tahun 1987 Pimpinan Ranting Aisyiyah Kricak Kidul, Kemantren Tegalrejo, Kota Yogyakarta mempunyai gagasan untuk menyelenggarakan pendidikan bagi anak usia dini yang berasal dari keluarga kurang mampu yakni anak yatim atau yatim piatu. Maka pada tanggal 16 Pebruari 1987 didirikan TK ABA Kricak Kidul yang kemudian diresmikan tanggal 6 Agustus 1987. Waktu itu, TK ABA Kricak Kidul mempunyai 30 orang siswa dengan tiga orang pengajar.

Kegiatan pembelajaran pertama kali selama enam bulan di serambi Masjid Al Munawwaroh, kemudian menggunakan ruangan di salah satu rumah milik warga Kricak atas nama keluarga Suyitno. Selanjutnya, pada bulan November 1999 tempat belajar mengajar menempati gedung baru yang berlokasi tidak jauh dari tempat belajar lama.  Pembelian tanah dan pembangunan gedung ini adalah hasil sumbangan dan gotong royong masyarakat sekitar.

“Setelah menempati gedung baru, maka makin banyak warga masyarakat yang mempercayakan  pendidikan anak-anaknya di TK ABA Kricak Kidul. Perkembangan TK ini dari tahun ke tahun menunjukkan tren positif, terbukti kepercayaan warga masyarakat meningkat. Hingga sampai saat ini kurang lebih 35 tahun, jumlah murid menjadi 100 orang dengan satu orang kepala sekolah dan delapan orang tenaga guru,” kata lulusan Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta tahun 2019.

Menurut pendidik kelahiran Gunungkidul ini, dalam rangka peduli akan pentingnya pendidikan anak usia dini (PAUD) sebagaimana yang dinyatakan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang  Sistem Pendidikan Nasional  (Pasal 1 butir 14) adalah upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai usia enam tahun. Upaya yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih  lanjut.

Untuk itu, pada 26 Maret 2002 TK ABA Kricak mengembangkan layanan PAUD dengan mendirikan KB Aisyiyah Munawwaroh  yang saat ini peserta didiknya ada 11 orang anak dengan dua orang guru.

Dalam rangka ikut memperluas akses dan mutu layanan ke arah Program PAUD Terpadu, maka pada Tahun 2003 TK ABA Kricak mulai memperluas program layanan dengan mendirikan Taman Pengasuhan Anak (TPA) untuk anak-anak usia 1-6 tahun. Saat ini ada 21 orang siswa dengan tiga orang tenaga pengasuh. (*/lip)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments