Home Pendidikan Tingkatkan Pendidikan Karakter, SMA Negeri 5 Malang Kunjungi UWM

Tingkatkan Pendidikan Karakter, SMA Negeri 5 Malang Kunjungi UWM

495
0
SMA Negeri 5 Malang, Jawa Timur, Selasa (17/12/2019), melakukan kunjungan ke Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta. (Foto: Dok. Humas UWM)

BERNASNEWS.COM — Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta memiliki ciri khusus yakni berbasis budaya yang membedakan dengan kampus yang lain. UWM didirikan oleh (Alm) Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Sri Sultan Hamengku Buwono X. Sebagai kampus yang didirikan para raja, maka sampai saat ini UWM masih mempertahankan nuansa Kraton Yogyakarta.

Hal itu disampaikan Wakil Rektor I UWM Prof. Dr. Ir. Ambar Rukmini, MP dalam sambutan acara kunjungan SMA Negeri 5, Malang, Selasa (17/12/2019), di Ruang Soekarno Nehru. Kampus UWM. Hadir para Wakil Rektor, petinggi fakultas dan Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB).

“Selamat datang para siswa-siswi dan guru pendamping dari SMA Negeri 5 Malang di Yogyakarta dan di UWM. Filosofi Kraton Yogyakarta tetap dilestarikan di UWM melalui mata kuliah Kewidyamataraman,”ucap Ambar.

Mata kuliah Kewidyamataraman, lanjut Ambar, memuat banyak nilai salah satunya Hamemayu-Hayuning Bawana yang bermakna menjaga kelestarian lingkungan. Menjadi seorang pemimpin yang baik harus menerapkan ajaran Hasta Brata yang juga diajarkan dalam mata kuliah tersebut.

“Ajaran lainnya Sawiji Greget Sengguh Ora Mingkuh yang mengandung maksud pemimpin harus bertanggungjawab, berani menghadapi masalah dan tidak pengecut,” terangnya.

Wakil Rektor I UWM Prof. Dr. Ir. Ambar Rukmini, MP sedang menyampaikan sambutan kepada rombongan dari SMA Negeri 5 Malang. (Foto: Dok. Humas UWM)

Heri Riniwatmawati selaku Guru Pendamping dari SMA N 5 Malang, mengatakan, sekolahnya merupakan sekolah Adi Wiyata sejak 2010 dan telah bekerjasama salah satunya dengan Jerman dalam hal pendidikan. Kunjungan sengaja dilakukan ke UWM, karena UWM menjadi universitas yang berbeda dengan yang lainnya, tampak dari nuansa budaya dan materi kuliah yang merupakan nilai budaya untuk membangun karakter mahasiswa.

“Karakter ini mendasari ilmu yang lain. Meski unggul dalam aspek keilmuan, namun menjadi kurang jika karakter tidak dibangun,” ungkap Riniwatmawati.

Menurut Rini, melalui pengenalan ini diharapkan akan mampu membangkitkan kecintaan siswa pada budaya warisan yang adiluhung. Dari pengalaman kunjungan ini, ia juga menginginkan siswa tidak hanya bertambah ilmunya namun juga merubah karakternya menjadi lebih baik.

“Terima kasih atas sambutan dari UWM atas kunjungan kami, mudah-mudahan bisa dilanjutkan dengan adanya kunjungan yang lain,” tukasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan profil kampus UWM oleh Eman Darmawan, S.TP, MP Ketua PMB UWM, dilanjutkan dialog tanya jawab dengan para siswa SMA Negeri 5 Malang. Di samping itu juga suguhi dengan penampilan Tari Sintren dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater Dokumen UWM. (nun/ ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here