Home Seni Budaya Tingkatkan Kunjungan Wisata Lewat Festival Candi Kembar

Tingkatkan Kunjungan Wisata Lewat Festival Candi Kembar

433
0
Festival Candi Kembar 2019 di Candi Plaosan. (Foto: Sulistyawan)

BERNASNEWS.COM – Festival Candi Kembar kembali di gelar di Pelataran Objek Wisata Candi Plaosan, Prambanan, Klaten, selama 3 hari berturut-turut. Setidaknya ada 300 seniman se-Jawa Tengah yang turut memeriahkan festival ini.

Kepala Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Heru Nugoho,mengungkapkan bahwa Festival Candi Kembar 2019 merupakan upaya mempromosikan Candi Plaosan sebagai salah satu potensi wisata di Kawasan Prambanan, Klaten. Candi ini dinilai istimewa karena mempunyai bentuk yang sama besar dalam satu kompleks. 

“Melalui Festival ini diharapkan dapat mengangkat citra Candi Plaosan ke tingkat dunia,“ ujar Heru, Jumat (30/8/2019).

Festival yang digelar selama 3 hari pada 30 Agustus hingga 1 September 2019 ini menjadi tahun ke-4. Antusias warga dan wisatawan terus meningkat tiap tahunnya. Sehingga, setiap kali penyelenggaran, festival ini akan dikemas berbeda-beda.

Bertemakan ‘Romansa Budaya dalam Kebhinekaan’, festival ini menyuguhkan seni tradisi khas Jawa dan beberapa daerah lain. Harapannya, Festival Candi Kembar 2019 ini mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke Yogyakarta dan sekitarnya.

Di hari pertama, Festival ini menampilkan berbagai jenis kesenian seperti Gejog Lesung, Jathilan, Tari-tarian Nusantara dan lain-lain. Hal yang istimewa di hari pertama adalah menghadirkan bintang tamu pelawak, Yuningsih atau yang dikenal dengan Yu Beruk. (Sulistyawan/adh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here