Home Pendidikan Tingkatkan Kualitas Pembelajaran SMK dengan STEM

Tingkatkan Kualitas Pembelajaran SMK dengan STEM

932
0
Expose hasil pembelajaran STEM. (Foto: Istimewa)

BERNASNEWS.COM – Mengkolaborasikan sains, teknologi, teknik, dan matematika, para peserta mengikuti Kegiatan STEM (Sains Technology Engineering and Matematic) di SMK N 2 Yogyakarta, dengan pendampingan dari BOE Malang. STEM ini merupakan model pembelajaran yang sudah familiar di Amerika. Kegiatan yang dimulai pada bulan April 2019 ini merupakakan pembelajaran yang mengekploitasi kreatifitas peserta didik dengan tetap mengacu pada kurikulum.

Dalam kegiatan ini, peserta dibimbing untuk membuat RPP dan penilaian yang berbasis STEM. Selanjutnya, terdapat review Proses Implemetasi, Uji coba hasil, umpan balik perbaikan dan evaluasi program.

Sebagai puncak acara, diadakan ekspos dan pengimbasan dengan mengundang 50 orang dari 10 sekolah mitra di SMK Kota Yogyakarta. Adapun acara pada Ekspos dan Pengimbasan ini meliputi Ekspos Proyek STEM Internal, persiapan ekspos, pengimbasan dan evaluasi program.

Adapun sejumlah produk yang dihasilkan yaitu saklar pengamanan, diacnostic trouble box, cable fiber optic, kotak kemasan, maket jembatan, handle pemutar eretan mesin, alat penetas telur, dan sepeda listrik. Profuk ini telah berbasis EDP (Engineering Design Product).

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan metode pembelajaran dengan STEM mampu meningkatkan kualitas pembelajaran SMK.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here