Home Pendidikan Tim PKM-UPY ‘Islamic Busy Book’ Lolos Pendanaan PKM DIKTI 2021

Tim PKM-UPY ‘Islamic Busy Book’ Lolos Pendanaan PKM DIKTI 2021

508
0
Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta (UPY) Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang lolos pendanaan PKM DIKTI 2021 dengan judul 'Islamic Busy Book Sebagai Media Peningkatan Kualitas Pendidikan Agama Islam di PAUD Masjid Az-Zahrotun Bantul'. (Foto: Istimewa)

BERNASNEWS.COM — Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang lolos pendanaan PKM DIKTI 2021 dengan judul ‘Islamic Busy Book‘ Sebagai Media Peningkatan Kualitas Pendidikan Agama Islam di PAUD Masjid Az-Zahrotun Bantul’, adalah 5 mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta (UPY) yakni, Erdin Vernanda Sutrisna, Fatmawati, Siti Zulaikhah, Muhamad Devi Setya Ramadan, dan Kumala Indah Sayekti, sebagai Dosen Pembimbing Kintoko, MPd.

PKM yang diikuti adalah PKM Bidang Pengabdian Masyarakat atau dapat disingkat dengan PKM-PM. Sementara Islamic Busy Book tersebut adalah sebagai media untuk upaya peningkatan kualitas Pendidikan Agama Islam di PAUD Masjid Az-Zahrotun, Kabupaten Bantul, DIY.

PAUD Masjid Az-Zahrotun sendiri adalah Pendidikan Anak Usia Dini yang telah didirikan pada tahun 2018, di bawah naungan yayasan Masjid Az-Zahrotun. Kita tahu bahwa pengajaran ilmu agama telah menjadi aspek penting dalam perkembangan anak yang perlu distimulus secara optimal agar menjadi bekal dalam kehidupan yang berakhlak mulia dan menjadi bekal dari permasalahan kerusakan moral anak jaman sekarang, tidak kecuali adalah siswa PAUD dengan rentang usia antara 2-5 tahun.

Salahsatu materi keagamaan yang dapat diberikan ke pada siswa paud adalah mengenalkan dan belajar melafalkan doa sehari-hari, belajar menulis dan membaca huruf hijaiyah serta gerakan wudhu dan sholat

Busy book merupakan buku yang berisikan gambar/visual dengan berbagai kegiatan/ aktivitas yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan kemampuan motorik siswa. Tujuan dari pembuatan Islamic Busy Book pada PKM-PM ini adalah sebagai media pembelajaran yang edukatif untuk membantu siswa PAUD masjid Az-Zahrotun dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam.

Juga mempermudah guru dalam menyampaikan materi agama islam yang menarik bagi siswa agar tidak mudah malas dan bosan saat belajar. Hasil karya dari pembuatan Islamic Busy Book, materi dan tampilan yang termuat dalam pembuatan telah dikonsultasikan dan divalidasi oleh guru PAUD Masjid Az-Zahrotun sehingga nantinya Islamic Busy Book dapat digunakan untuk pembelajaran bagi siswa di PAUD Masjid Az-Zahrotun.

Cover buku dengan judul ‘Islamic Busy Book‘ (Foto: Istimewa)

Dalam satu paket Islamic Busy Book ini terdiri dari 3 materi yang berbeda, diantaranya adalah doa sehari-hari, huruf hijaiyah, dan sholat 5 waktu. Kegiatan/ aktivitas dalam buku doa sehari-hari meliputi belajar melafalkan doa, menyuapi makanan, memakaikan pakaian, mengenal peta, dan menempelkan sesuai warna atau bentuk.

Sedangkan buku huruf hijaiyah meliputi kegiatan mengenal dan berlatih menebalkan huruf hijaiyah, menemukan dan menempelkan sesuai warna atau bentuk dengan tepat. Serta kegiatan dalam buku sholat 5 waktu meliputi: mengenal waktu, rakaat, dan gerakan sholat, menempelkan sesuai warna atau bayangan, memutar jarum jam, menata shaf dan lain sebagainya.

Program ini dilaksanakan selama 2,5 bulan dengan tahapan perancangan, pembuatan dan penerapan media Islamic Busy Book di PAUD Masjid Az-Zahrotun. Program tersebut dilaksanakan secara online melalui platform Zoom dan offline ketika siswa bersama orang tua datang ke PAUD untuk menggambil tugas rumah yang diberikan oleh guru selama satu bulan sekali, serta dibantu dengan video penggunaan Islamic Busy Book yang telah dibuat oleh TIM PKM-PM melalui Youtube.

Dan monitoring kegiatan siswa melalui Video Call Aplikasi WhatsApp. Penerapan media Islamic Busy Book ini meliputi pengenalan dan penggunaan media Islamic Busy Book agar dapat meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam, khususnya bagi siswa PAUD Masjid Az-Zahrotun Bantul. (Nuning)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here