Home Pendidikan Tim PbM UPNVY Mendampingi Mitra Usaha Pembuatan Kerupuk di Klaten

Tim PbM UPNVY Mendampingi Mitra Usaha Pembuatan Kerupuk di Klaten

104
0
Penyerahan alat pengering kerupuk. Foto: Tim PbM UPNVY

BERNASNEWS.COM – Tim Pengabdian Masyarakat (TbM) UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) mendampingi mitra usaha pembuatan kerupuk “Sarana Jaya” milik Sarono di Desa Prawatan, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Tim PbM UPNVY yang melakukan pendampingan selama periode Mei-Desember 2021 itu terdiri dari Suratna MAB dan Tri Wibawa ST MT dengan sumber dana dari UPN “Veteran” Yogyakarta.

Menurut Suratna MAB dalam rilis yang dikirim kepada Bernasnews.com, Senin (23/8/2021), masalah yang dihadapi usaha pembuatan kerupuk antara lain belum adanya teknologi pengering kerupuk mentah sehingga selain produktivitas sangat menurun pada musim hujan, juga kualitas kerupuknya menurun.

Selain itu, mitra juga mengalami kesulitan manajemen keuangan terutama dalam menyusun laporan keuangan sederhana sehingga UKM tidak dapat merencanakan finansial secara tepat yang berakibat likuiditas keuangan bermasalah.

Karena itu, menurut Suratna, upaya yang dilakukan tim PbM UPNVY adalah melakukan pendampingan teknologi produksi dan pendampingan manajemen keuangan serta memberikan bantuan fasilitas produksi (teknologi tepat guna) berupa alat pengering kerupuk. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here