Home Pendidikan Tim dari Kabupaten Gunungkidul Juara Lomba Cerdas Cermat Museum

Tim dari Kabupaten Gunungkidul Juara Lomba Cerdas Cermat Museum

95
0
Ketua Umum Barahmus DIY Ki Bambang Widodo (kanan) menyerahkan trofi bergilir kepada Tim LCC Kabupaten Gunungkidul Foto: Istinewa

BERNASNEWS.COM – Tim dari Kabupaten Gunungkidul berhasil meraih juara Lomba Cerdas Cermat (LCC) Museum di Museum Pusat TNI-AD Dharma Wiratama Yogyakarta, pada Rabu (23/6/2021). Sementara juara II diraih tim dari Kabupaten Kulon Progo dan juara III dari Kabupaten Sleman. Dan juara Harapan I Kabupaten Bantul dan Harapan II Kota Yogyakarta.

Sebagai juara, Kabupaten Gunungkidul berhak mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan sebesar Rp 7 juta dan trofi bergilir Ketua Umum Barahmus DIY. Sedang juara II mendapat uang pembinaan Rp 6 juta, juara II Rp 5 juta, juara harapan I Rp 4 juta dan juara harapan II mendapat Rp 3 juta dan semuanya ditambah piala.

Menurut Ki Bambang Widodo, Ketua Umum Barahmus DIY, lomba yang diadakan Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY tingkat SMP se-DIY itu mengangkat tema Generasi Pancasila Cerdas dan Berbudaya. LCC dibuka oleh Plt Kepala Dinas Kebudayaan DIY Aris Eko Nugroho SP M.Si diikuti dari 5 tim dari Kabupaten Bantul, Gunungkidul, Sleman, Kulon Progo dan Kota Yogyakarta.

Para juara LCC foto bersama. Foto : Istimewa

Upacara pembukaan LCC dihadiri Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY Didik Wardaya SE M.Pd, Kepala Badan Pelaksana Monumen dan Museum Pusat Dinas Sejarah TNI-AD Kolonel Inf Drs Andi Muhammad Suryadarman MH dan Bambang Widodo sendiri selaku Ketua Umum Barahmus DIY.

Pada kesempatan itu, Aris Eko Nugroho yang sehari-hari menjabat Paniradya Pati Kaistimewan DIY mengatakan, LCC Museum diharapkan dapat menyebarkan energi dan atmosfir positif guna membantu museum kembali bangkit dalam melakukan kegiatan pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru. 

Aris Eko berharap ke depan museum dapat terintegrasi dengan sistem pendidikan formal, guru-guru dapat memanfaatkan museum sebagai laboratorium belajar peserta didik atau bagian dari metode pengajaran maupun kurikulum mata pelajaran di luar sekolah.

Menurut Bambang Widodo, dewan juri LCC MUseum terdiri dari Drs Heri Susiswanto (Ketua) dengan Anggota V Agus Sulistyo, SPd MA dan Koncoro Hadi SS MA. (*/lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here