Tidak Usah Khawatir Apabila Ada Pemakaman Jenazah Pasien Covid-19

    473
    0
    Pemakaman jenazah COVID-19 dilakukan oleh petugas terlatih. (Foto Repro: alodokter.com)

    BERNASNEWS.COM — Kasus penolakan pemakaman jenazah paramedis di Jawa Tengah yang meninggal akibat terpapar Covid-19 resiko dari tugas mulia menjadi viral di media sosial. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sampai bersuara keras perihal kejadian itu, hingga tiga orang tokoh kampung setempat yang diduga sebagai provokator berujung pada terali besi.

    Apabila ada edukasi yang baik oleh pengampu wilayah, dari lurah sebagai wakil intitusi pemerintah hinga ujung tombak warga yaitu Ketua RW dan RT tentunya kejadian atau peristiwa penolakan jenazah pasien yang meninggal disebabkan wabah Covid-19 tidak akan terjadi. Masyarakat tidak perlu khawatir adapila ada pemkaman jenazah pasien Covid-19.

    Pemulasaran Jenazah Covid-19. (Repro)

    Menurut Buku Saku Desa Tangguh Covid-19 yang dibuat oleh Center for Tropical Medicine, Universitas Gadjah Mada, menjelaskan, bahwa pemulasaran (merawat) jenazah Covid-19 telah melalui prosedur khusus. Pemulasaran jenazah dilakukan dengan ketat di rumah sakit. Jenazah dibungkus dalam kantong jenazah yang sangat rapat, lalu dimasukkan dalam peti yang tertutup rapat. Peti tersebut di-disinfektasi. Dari rumah sakit, jenazah langsung menuju ke tempat pemakaman untuk dikebumikan.

    Pemakaman jenazah COVID-19 dilakukan oleh petugas terlatih, sesuai prosedur pemakaman jenazah COVID-19, serta menggunakan alat pelindung diri (APD) ketika memakamkan jenazah. Proses pemakaman dilakukan dengan cepat dengan jumlah pelayat yang sangat dibatasi.

    Satu hal yang terpenting untuk diketahui oleh khalayak, menurut penjelasan Buku Saku Desa Tangguh Covid-19 yang dibuat oleh Center for Tropical Medicine, Universitas Gadjah Mada, bahwa Virus Corona (Covid-19) tidak bisa mencemari tanah atau sumber air disekitarnya, apalagi menyebar di lingkungan sekitar pemakaman. Hal tersebut dikarenakan virus ini tidak dapat bertahan lama di luar tubuh manusia. (ted)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here