Home News Tiap Rumah Warga Jatisawit Dipasang Padasan untuk Cuci Tangan

Tiap Rumah Warga Jatisawit Dipasang Padasan untuk Cuci Tangan

242
0
Warga Dusun Jatisawit, Desa Balecatur, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman memasang padasan untuk cuci tangan di depan rumah masing-masing. Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM – Untuk memasuki era new normal atau tatanan baru dengan menerapkan protokol kesehatan, seperti keharusan mencuci tangan sebelum masuk rumah, setiap rumah warga di Dusun Jatisawit, Desa Balecatur, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, dipasang Padasan secara swadaya murni dari masyarakat. Ini sebagai salah satu upaya warga untuk menjaga kebersihan dan kesehatan.

Selain memasang padasan di depan rumah masing-masing, warga juga membangun Tugu Covid 19 berbentuk Gentong atau Padasan dalam ukuran besar di gerbang pintu masuk Padukuhan Jatisawit. Hal itu dimaksudkan untuk mengingatkan agar warga harus menerapkan pola hidup bersih dengan salah satunya selalu cuci tangan.

“Masyarakat Jatisawit secara swadaya tanpa bantuan dari pihak manapun melakukan gebrakan dengan memasang Padasan di depan rumah masing-masing,” kata Sariyo, Kepala Dukuh Jatisawit, kepada Bernasnews.com, Kamis (2/7/2020).

Warga Dusun Jatisawit bergotong-royong membangun Tugu Covid-19 di pintu gerbang masuk dusun tersebut. Foto : Istimewa

Dikatakan, Padasan dipilih karena selain bentuknya yang sederhana, tradisional dan klasik, juga karena Padasan merupakan warisan para leluhur zaman dulu yang selalu cuci tangan menggunakan Padasan. “Dan orang-orang zaman dulu sehat-sehat karena selalu menerapkan pola hidup sehat dengan cuci tangan di Padasan,” kata Sariyo.

Padasan bebas Covid-19. Foto : Istimewa

Dan sebagai apresiasi atas niat baik dan usaha masyarakat Jatisawit, maka direncanakan pada Sabtu (4/7/2020), Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo MSi akan meresmikan dan menandatangani prasasti Tugu Covid 19 Dusun Jatisawit. Selain itu akan menandatangani prasasti mushola Baitus Sakinah di Padukuhan Jithengan.

Selain penandatangan dua prasasti tersebut, Bupati Sleman akan melanjutkan acara peletakan batu pertama pembangunan Gedung PAUD dan Islamic Day Care Az Zahra di Jatisawit yang letaknya tak jauh dari Tugu Covid 19 Jatisawit. (nuning)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here