Home News Tiap 30 Menit, KA Bandara Jogja-YIA Beroperasi 26 Perjalanan Setiap Hari

Tiap 30 Menit, KA Bandara Jogja-YIA Beroperasi 26 Perjalanan Setiap Hari

149
0
Foto ilustrasiKreta Api (KA) Bandara beroperasi 26 perjalanan tiap hari dari Jogja-YIA PP. Foto: Humas Pemda DIY

BERNASNEWS.COM – Kreta Api (KA) Bandara dari Jogja menuju Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulonprogo sudah diluncurkan/diresmikan pada Jumat, 27 Agustus 2021. Dengan naik KA Bandara maka waku tempuh Jogja-YIA di Kulonprogo yang semula 1,5 jam kini bisa dipangkas hingga menjadi cuma 40 menit.

Menurut Ni Made Dwi Panti Indrayanti, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DIY, pada tahap awal beroperasi, KA Bandara beroperasi sebanyak 26 perjalanan per hari (pulang dan pergi) dari Stasiun Tugu Yogyakarta ke Stasiun Bandara YIA atau sebaliknya.

“Untuk jeda (headway) setiap keberangkatan kereta sekitar 30 menit. Saat ini ada 3 stasiun pemberhentian yakni Stasiun Tugu Yogyakarta, Stasiun Wates dan Stasiun Bandara (YIA),” kata Ni Made.

(Baca juga: Dengan Naik KA Bandara, Waktu Tempuh Jogja-YIA Kulonprogo Cuma 40 Menit)

Selain menindaklanjuti arahan Menhub mengenai penambahan satu titik di Jogja Barat, Dishub DIY juga sempat mendiskusikan Stasiun Maguwo bisa menjadi stasiun pemberhentian. “Maguwo punya market sendiri, jadi penumpang yang dari timur (domisilinya), tidak harus ke Tugu (stasiun), tapi bisa langsung dari Maguwo. Tapi ini baru diskusi (rencana) saja,” kata Ni Made seperti dikutip Bernasnews.com dari Humas Pemda DIY, 27 Agustus 2021.   

Menkomarivest Luhut B Pandjaitan (kanan) bersama Gubernur DIY Sulltan HB X duduk di dalam KA Bandara Jogja-YIA, Jumat (27/8/2021). Foto: Humas Pemda DIY

Menurut Ni Made, kereta bandara tetap dioperasikan dengan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19, maka sSaat ini kereta yang beroperasi baru 2 unit kereta. Masa awal-awal PPKM Darurat kuotanya 50 persen. Kalau saat ini sekitar 70 persen meski penumpangnya juga tidak full, karena mungkin masyarakat cenderung masih merasa lebih aman menggunakan kendaraan pribadi.

Saat ini Kementerian Perhubungan sedang melakukan studi untuk menambah kereta api antar perkotaan. Mengenai tiket perjalanan, ia mengatakan fasilitas kereta bandara ini dapat dinikmati secara gratis bagi penumpang yang mendarat di YIA.

“Gratis bagi pemegang tiket pesawat hingga September kira-kira kalau tidak salah. Setelah itu, karena masih ada subsidi pemerintah pusat, maka akan dikenakan tarif sekitar Rp 20 ribu atau menyesuaikan,” kata Ni Made.

Sementara Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan pengoperasian KA Banda Jogja-YIA menjadi salah satu visi misi Presiden RI Joko Widodo yang kaitannya bisa terus bergerak di tengah situasi pandemi Covid-19. Seusai pandemi, kereta bandara dapat dipromosikan secara besar-besaran sebagai alternatif transportasi dari dan ke bandara YIA yang efektif dan ramah lingkungan,” kata Menhub.

Dikatakan, dalam pengerjaannya proyek ini melibatkan sekitar 556 tenaga kerja padat karya. Keterlibatan tenaga kerja dalam program padat karya tersebut terutama pada pekerjaan-pekerjaan yang tidak membutuhkan keahlian khusus.

Menhub meminta kepada stakeholder terkait untuk melakukan penambahan satu titik jalur kereta di Jogja, khususnya di Jogja sebelah barat. “Jogja dari titik yang ada menarik view-nya bagus mungkin minta satu titik lagi di Jogja bagian barat. Titik itu tempat destinasi wisata, kuliner, orang liat sawah. Jadi Pak Gubernur, silakan tentukan titiknya, nanti kita bangun. Jadi orang Jogja barat itu langsung ke sini,” kataMenhub. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here