Tuesday, May 24, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomePendidikanTeknologi Cloud Computing, Tantangan Masa Depan Siswa SMKN 2 Yogyakarta

Teknologi Cloud Computing, Tantangan Masa Depan Siswa SMKN 2 Yogyakarta

BERNASNEWS.COM — Teknologi  Cloud Computing memberikan layanan penyimpanan data, olah data dan distribusinya dengan kapasitas yang hampir tak terbatas. Tahun  2025 diprediksi ndustri-industri besar  di dunia semua  akan menggunakan dan mengadaptasi sistem cloud computing untuk mengembangkan industrinya.

Hal itu disampaikan oleh Arif Sujatmika selaku Waka Bidang Kesiswaan SMKN 2 Yogyakarta dalam kegiatan Webinar Cloud  Computing  yang dilaksanakan, Sabtu (6/3/2021). Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara Sagasitas, AWS Educate dan SMK Negeri 2 Yogyakarta. Dikuti oleh seluruh siswa kelas X, XI, serta wali kelas masing-masing.

Para admin Webinar Clound Computing sedang melaksanakan tugasnya di Ruang Rapat I, SMKN 2 Yogyakarta, Sabtu (6/3/2021). Foto: Kirman Humas SMKN 2 Yk.

“Kedepan teknologi akan berkembang secara cepat dan dinamis, sehingga para siswa dituntut untuk mempunyai daya  adaptasi yang tinggi agar mampu  bersaing di dunia industri. Harapan kami siswa SMK Negeri 2 Yogyakarta dapat memanfaatkan teknologi cloud computing ini untuk terus berinovasi dan berkarya sesuai dengan bidangnya,” ungkap Arif Sujatmika.

Gambar ilustrasi Cloud Computing. (Foto: Kiriman Humas SMKN 2 Yk)

Menurut Arif, cloud computing merupakan teknologi di bidang Informasi Teknologi namun pada kenyataanya semua bidang keahlian memerukan teknologi ini, sehingga tidak hanya jurusan yang berbasis TIK saja namun semua siswa di setiap jurusan diperkenalkan dengan teknologi itu.

Dalam webinar materi yang diberikan adalah terkait Amazon Web Services (AWS) Educate yang muaranya terdapat pada AWS Services. Dengan mendaftarkan diri dan mendapatkan akun AWS Educate maka peserta mendapatkan sumberdaya yang komprehensif untuk membangaun ketrampilannya dalam mengelola Cloud.

Tampilan sebagian peserta Webinar Cloud Computing yang diselenggarakan oleh SMKN 2 Yogyakarta, Sabtu (6/3/3031). Foto: Kiriman Humas SMKN 2 Yk.

“AWS Educate adalah  kurikulum bebas biaya yang menyediakan akses ke konten, pelatihan, jalur, layanan AWS, dan AWS Educate Job Board dengan berbagai peluang kerja,” ujar Arif.

Hal ini senada dengan yang disampaikan oleh Farid salah satu personel Trainer AWS Educate dari Tim Sagasitas, bahwa tujuannya adalah mengenalkan teknologi Cloud kepada para siswa dalam setiap lini kehidupan. “Sehingga siswa SMKN 2 Yogyakarta dapat mengadaptasi perkembangan teknologi dan mengambil kesempatan untuk mengembangkan diri sesuai dengan passionnya,” pungkas Farid. (nun/ ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments