Teknik Sipil UMY Soroti Pentingnya Kolaborasi Alumni, Mahasiswa, dan Kampus di Indonesia

    847
    0
    (dari kanan ke kiri) Ketua Panitia Sarasehan, Narendra Nuswantara Dwi Putra; Ketua Umum Pusat Dewan Pengurus Nasional Keluarga Alumni Teknik Sipil UMY (KATSUMY), Muhammad Ali Yusuf Rasyid; dan Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil UMY, Syaikhul Kabir Muhyiddin, bersama tim saat berdiskusi, Sabtu (26/6/2021). (Foto: dok. M. Ali)

    BERNASNEWS.COM – Relasi menjadi salah satu kunci penting dari keberhasilan selain kemampuan atau keahlian. Ketika kuliah, kolaborasi antar mahasiswa, kampus, dan alumni membentuk relasi yang baik menjadi hal yang tak boleh dilewatkan. Melihat hal tersebut, Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggelar event Sarasehan Alumni dengan narasumber 2 orang alumni terbaik yaitu Muhammad Ali Yusuf Rasyid, ST., M.Sc., C.EIA (CEO/Presiden Direktur Jaman Enggal Group – Teknik Sipil Angkatan 2006) dan Juan Milliando Siregar, ST (Direktur CV. Milliando Technologies, Teknik Sipil Angkatan 2004).

    Sarasehan ini merupakan bagian dari kegiatan Clossing Ceremony dari agenda tahunan Himpunan Teknik Sipil (HMS) UMY yaitu Civil Classical Fest (CCF) yang terdiri dari kegiatan lomba Aspal, Seminar Nasional, Tabliq Akbar dan penutup berupa Sarasehan Alumni.

    Closing Ceremony Civil Classical Fest 2021, Sarasehan Alumni Teknik Sipil UMY. (Foto: dok. M. Ali)

    Kegiatan sarasehan ini diikuti oleh sejumlah mahasiswa dan alumni teknik sipil UMY seluruh Indonesia demi terwujudnya relasi internal yang kuat antara mereka dengan para alumni. Kegiatan ini diharapkan menjadi salah satu proses pembentukan karakter dari para mahasiswa terutama bagi mahasiswa semester lima persiapan menghadapi kebijakan baru Merdeka Belajar. Sehingga, nantinya mahasiswa tidak lagi merasa bingung bilamana telah lulus dari bangku perkuliahan.

    “Mahasiswa setelah lulus biasanya bingung mengenai masa depannya, sehingga kita mengupayakan untuk membentuk karakter mereka sejak semester lima,” tutur Ketua Umum Pusat Dewan Pengurus Nasional Keluarga Alumni Teknik Sipil UMY (KATSUMY), Muhammad Ali Yusuf Rasyid, Sabtu 26 Juni 2021.

    Ketua Umum Pusat Dewan Pengurus Nasional Keluarga Alumni Teknik Sipil UMY (KATSUMY), Muhammad Ali Yusuf Rasyid, saat meeting rutin bulanan DPN KATSUMY, Sabtu 26 Juni 2021. (Foto: dok. M. Ali)

    Pria yang juga menjabat sebagai Komite Tetap Wakil Ketua Umum Bidang Humas dan Informasi KADIN DIY ini mengatakan bahwa pihaknya akan mengupayakan dengan maksimal pengembangan terhadap para mahasiswa.

    Mereka merencanakan bahwa di tahun pertama program pengurus alumni KATSUMY akan konsen pada penguatan jaringan komunikasi dan ikatan kebersamaan internal organisasi yaitu sesama alumni lintas angkatan, alumni dengan mahasiswa dan alumni dengan kampus (jurusan/prodi). Kemudian dilanjutkan dengan penguatan organisasi alumni dengan pihak swasta yaitu asosiasi pengusaha, asosiasi profesi maupun dengan pemerintah.

    “Di tahun pertama, penguatan jaringan komunikasi dan ikatan kebersamaan internal organisasi antar alumni lintas angkatan, penguatan alumni dengan mahasiswa, dan alumni dengan kampus (jurusan/prodi),” tutur Sekretaris Jenderal Propinsi asosiasi profesi konsultan lingkungan (DPP PERTALINDO DIY) sekaligus Ketua Nasional Bidang Hukum & Advokasi asosiasi profesi konsultan ANDALALIN (DPN IKALINDO) ini.

    “Tahap kedua penguatan organisasi secara eksternal dengan asosiasi pengusaha, asosiasi profesi dan pemerintah serta lembaga lainnya,” lanjut pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Wakil Ketua Umum Bidang Kemitraan dan Kerjasama INKINDO DIY.

    Sementara itu, Ali Rasyid juga menyebut bahwa saat ini sinergi antara alumni dengan prodi telah berlangsung dengan baik.

    “Semakin baik, kami mencatat banyak sinergi dan kolaborasi baik antar mahasiswa, alumni dan jurusan/prodi dengan melakukan kegiatan bersama,” ucapnya.

    Selain Ali Rasyid, kegiatan tersebut juga dihadiri Ketua Panitia kegiatan sarasehan serta Ketua Himpunan Mahasiwa Teknik Sipil UMY.

    (dari kanan ke kiri) Ketua Panitia Sarasehan, Narendra Nuswantara Dwi Putra; Ketua Umum Pusat Dewan Pengurus Nasional Keluarga Alumni Teknik Sipil UMY (KATSUMY), Muhammad Ali Yusuf Rasyid; dan Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil UMY, Syaikhul Kabir Muhyiddin saat diwawancarai, Sabtu (26/6/2021). (Foto: dok. M. Ali)

    Senada dengan Ali, Ketua Panitia sarasehan, Narendra Nuswantara Dwi Putra, menyebutkan bahwa kegiatan sarasehan tersebut merupakan salah satu wujud untuk membantu para mahasiswa mengenal kehidupan setelah lulus.

    “Menjelaskan tentang kehidupan setelah lulus, keadaan profesi serta serta proses alumni, lebih ke Sharing and Caring,” katanya.

    “Menjelaskan kehidupan serta fakta di lapangan dari para alumni,” lanjutnya.

    Bagi pihak mahasiswa, kegiatan ini juga menjadi momok penting demi mewujudkan cita-cita UMY yang unggul serta Islami. Hal ini disampaikan oleh Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil UMY, Syaikhul Kabir Muhyiddin.

    “Kami bekerja sama di dalam menggerakan mahasiswa. Supaya cita-cita kita di UMY mampu Unggul dan Islami.” Ucap Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil (HMS) UMY.

    Ketua Umum Pusat Dewan Pengurus Nasional Keluarga Alumni Teknik Sipil UMY (KATSUMY), Muhammad Ali Yusuf Rasyid, saat berdiskusi bersama tim Sabtu 26 Juni 2021. (Foto: dok. M. Ali)

    “Kegiatan sarasehan ini sangat penting. Karena kami adalah generasi dan akademisi di kampus serta tidak tahu di lapangan.” lanjutnya.

    Saat ini, bentuk relasi alumni dengan mahasiswa diketahui telah ada kegiatan kegiatan formal yang dijalankan, salah satunya Kuliah Umum Pakar. Kegiatan tersebut merupakan wujud keterlibatan alumni kepada mahasiswa dengan menghadirkan para praktisi di lapangan. Lebih lanjut, Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil UMY kembali menyebut mengenai pentingya relasi alumni dengan mahasiswa.

    “Teknik sipil adalah ilmu terapan, sehingga kami memerlukan alumni yang sudah berpengalaman di lapangan,” pungkasnya. (adv)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here