Thursday, June 30, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeKulinerTeknik Penyeduhan Bisa Pengaruhi Cita Rasa Kopi

Teknik Penyeduhan Bisa Pengaruhi Cita Rasa Kopi

bernasnews.com – Bagi Anda penggemar kopi wajib menyimak teknik penyeduhan kopi yang ternyata bisa mempengaruhi cita rasa. Head of Corporate Communication Kapal Api, Pangesti Boedhiman mengatakan bahwa kopi yang berbeda cara menyeduhnya bisa mempengaruhi 3 hal yakni aroma, tingkat keasaman hingga tingkat kekentalan.

“Dalam menilai sebuah seduhan ada yang biasanya kita cek, secara simplenya ada aromanya seperti apa, acidity (keasaman), bodynya kental atau lembut yang kita rasakan mulut saat minum,” kata Pangesti dalam kelas kopi yang diadakan pada Rabu (9/6/2022).

Area Supervisor untuk Joglosemar, Nanang Suranto mengatakan ada 3 cara menyeduh kopi. Beberapa cara yang popular ialah dengan menggunakan coffee press, coffee machine dan syphon brew. Sebagaimana disampaikan sebelumnya, teknik penyajian yang berbeda mampu mempengaruhi cita rasa kopi.

Bagi yang sudah berkecimpung lama dalam dunia per-kopian tentu sudah paham bahwa ada aroma bubuk kopi sesaat setelah penyeduhan yang berbeda. Ada yang menghasilkan aroma buah (fruity), aroma bau kacang (nut-like), aroma bunga (herbal) dan sebagainya. Selain aroma ada factor lainnya seperti tingkat rasa asam kopi.

“Cara untuk menikmati kopi yang bisa dengan menggunakan sendok lalu diseruput dengan cepat,” ungkap Nanang saat mempraktekkan cara mencicipi kopi.

Dari cara tersebut, akan terasa bagaimana rasa asam kopi tersebut muncul dan juga tingkat kekentalannya saat kopi berada di dalam rongga mulut selama 3-5 detik.

Sejumlah perbedaan bagi kopi yang diseduh dengan menggunakan coffee press memiliki karakteristik berupa aroma yang harum, acidity dan bodynya terbilang berskala sedang. Kemudian untuk kopi yang diseduh dengan coffee machine akan menghasilkan level acidity dan body yang tertinggi, dengan aroma berskala mendium.

“Bagi para penggemar kopi yang lebih menikmati kopi melalui aroma harum dan rasa yang lebih asam, dapat memilih cara menyeduh kopi menggunakan alat bernama Syphon Brew. Hasil seduhannya akan menghasilkan aroma yang lebih harum, tingkat acidity berskala tinggi, sementara bodynya cenderung tidak kental,” pungkasnya. (van)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments