Sunday, June 26, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomePendidikanTEC-UMY Mengadakan Kunjungan ke UWM

TEC-UMY Mengadakan Kunjungan ke UWM

BERNASNEWS.COM — Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta, Kamis (26/9/2019), mendapat kunjungan dari Taiwan Education Center (TEC) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Rombongan tamu TEC diterima oleh Wakil Rektor III UWM Dr. Jumadi, SE, MM, di ruang Sidang Rektorat.

Dr. Jumadi, SE, MM, menjelaskan, bahwa bangunan gedung UWM merupakan miniature bangunan yang menyerupai bangunan Kraton Yogyakarta. Bangunan tertua di kampus UWM didirikan sejak tahun 1874 dan nDalem Mangkubumen ini menjadi kawah candradimuka (pendidikan) bagi calon raja.

Oleh Jumadi beberapa prestasi UWM disampaikan dalam forum yang dihadiri Dekan, Kaprodi dan Mahasiswa TEC – UMY tersebut. Juga mengenalkan adat-adat Jawa yang masih diadopsi dalam kegiatan di UWM, salah satunya setiap diselenggarakan acara wisuda. “Semoga silaturahmi yang pertama ini bisa memberikan manfaat ke depannya nanti untuk TEC maupun UWM,” harap Jumadi.

Salah satu tim dari TEC, Zulfiani Ayu memaparkan beberapa fakta, sistem perguruan tinggi dan pendidikan di Taiwan serta Organisasi TEC Indonesia. Taiwan Education Center (TEC) merupakan organisasi nirlaba berlokasi di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang berafiliasi dengan Ministry of Education (MOE) Taiwan, Taipei Economic and Trade Office (TETO), Study in Taiwan, Foundation for International Cooperation in Higher Education of Taiwan (FICHET) dan Steering Committee for the Test Of Proficiency-Huayu (SC-TOP).

“Taiwan terdiri dari 35 Provinsi, terdapat 7 pulau dan Ibukota negaranya Taipei dengan jumalh penduduk sekitar 23 juta. Taiwan memiliki 4 musim yakni musim gugur, semi, panas dan dingin. Sekolah lanjut di Taiwan murah, apalagi jika mendapatkan beasiswa,” terang Zulfi.

Melanjutkan studi di Taiwan, menurut Zulfi, ada beberapa alasan yang harus dimengerti. Studi di Taiwan akan memperoleh gelar internasional yang sama dengan gelar di Eropa, Amerika, Turki, dan Inggris. Di Taiwan sangat friendly dengan muslim dan tidak hanya bangsa Cina yang tinggal di sana.

“Kebanyakan alumni Taiwan memiliki kesempatan untuk bekerja di Taiwan, sehingga tidak perlu kebingunan dalam kaitannya pekerjaan. Dengan gelar pendidikan dari Taiwan, maka setelah kembali ke Indonesia pun tidak akan kesulitan mencari Job, terlebih company-company di Indonesia sudah banyak yang bekerja sama dengan Taiwan,” ungkapnya. (nun/ ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments