Monday, June 27, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsPariwisataTarif Candi Borobudur Rp 750 Ribu, Ini Penjelasan Ganjar Pranowo

Tarif Candi Borobudur Rp 750 Ribu, Ini Penjelasan Ganjar Pranowo

Bernasnews.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan penjelasan terkait tariff Candi Borobudur Rp 750 ribu yang ramai diperbincangkan. Dalam hal ini, pihaknya mendorong agar pihak Taman Wisata Candi Borobudur (PT TWC) segera memberikan edukasi terkait penetapan harga tersebut.

Sebagaimana disampaikan oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Meko Marves) Lihut Binsar Pandjaitan pada Sabtu (4/6/2022) menyampaikan bahwa wisatawan yang naik ke Candi Borobudur bakal dibatasi. Aturan tersebut juga datang bersamaan dengan penerapan tarif baru yang saat ini tengah digodog oleh Pemda Jawa Tengah.

“Maka untuk naik ke candi kemarin disampaikan agar ada pengelolaan dengan pengendalian melalui tarif, kira-kira begitu,” kata Ganjar, Minggu (5/6/2022) malam.

Ganjar mengatakan kebijakan tariff Candi Borobudur terbaru tersebut belum diterapkan. Persiapan teknis dan regulasi masih dibahas oleh pihak PT TWC dan Balai Konservasi Borobudur (BKB).

“Sampai dengan hari ini TWC masih akan komunikasi menyiapkan SOP-nya soal regulasinya dengan badan pengelola (BKB). Jadi masyarakat tidak perlu terganggu,” ujarnya.

Pihaknya juga meminta agar pedagang tidak resah dengan kebijakan tersebut. Ganjar menegaskan bahwa perbedaan yang dimaksud ialah tiket masuk kawasan dan tiket naik Candi.

“Perbedaannya antara tiket masuk kawasan dan tiket naik, itu dua hal yang berbeda. Kan hari ini juga tidak naik dan pedagang juga oke, jadi pedagang nggak perlu takut soal itu. Toh hari ini semua nggak boleh naik kan juga ramai,” tandasnya.

Sebagaimana telah diketahui, tiket masuk kawasan Candi Borobudur terbagi menjadi dua jenis yakni tiket masuk dan tiket naik Candi Borobudur. Untuk tiket masuk kawasan Candi Borobudur, tariff yang diberlakukan ialah wisatawan domestik dewasa Rp 50 ribu, anak-anak Rp 25 ribu dan wisatawan mancanegara Rp 210 ribu. Sementara itu, wacana kenaikan tarif dikhususkan untuk tiket naik ke Candi Borobudur. Yakni Rp 750 ribu untuk wisatawan domestik dan 100 dollar untuk wisatawan mancanegara. (van)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments