Home Seni Budaya Tarian Epik ‘Tangkasing Ajurit’ Karya Habib, Berpijak dari Tari Tradisi Tulungagung

Tarian Epik ‘Tangkasing Ajurit’ Karya Habib, Berpijak dari Tari Tradisi Tulungagung

146
0
Usai menarikan tarian 'Tangkasing Ajuri' para penari foto bersama, Minggu (19/12/2021), di Sekar Mataram, Kalurahan Bangunjiwo, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul, DIY. )Fptp: Istimewa)

BERNASNEWS.COM — Sebagai persyaratan Uji Koreografi 3 Prodi Pendidikan Seni FBS Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Muhammad Habib Wicaksono menampilkan tarian epik karyanya, dengan judul ‘Tangkasing Ajurit’. Pagelaran tarian tersebut diselenggarakan secara daring  hari Minggu, 19 Desember 2021, di Sekar Mataram, Kalurahan Bangunjiwo, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul, DIY.

“Karya tari ini berpijak pada Jaranan Sentherewe dari daerah Tulungagung, Jawa Timur yang memiliki gerakan lincah dan dinamis. Karya ini menggambarkan prajurit berkuda sedang berlatih untuk menguji ketangkasannya,” papar Habib, saat bincang-bincang dengan Bernasnews.com, Selasa (28/12/2021).

Lanjut Habib, mereka para prajurit diuji untuk berburu binatang di hutan belantara. Binatang semacam barongan (harimau), kucingan dan celeng adalah gambaran godaan dan rintangan yang harus dihadapi oleh para prajurit agar nantinya bisa menjadi prajurit yang ksatria.

Tarian epik ‘Tangkasing Ajurit’ karya Muhammad Habib Wicaksono yang digelar secara daring, Minggu (19/12/2021). Foto: Istimewa.

“Tangkasing Ajurit ini untuk memenuhi Tugas Akhir Mata Kuliah Koreografi 3 merupakan karya yang kedua. Karya yang pertama Turangga Wirodya  juga berpijak pada Jaranan Sentherewe,” imbuh seniman tari muda berbakat, yang masih tercatat sebagai mahasiswa UNY.

Dalam pagelaran tari ‘Tangkasing Ajurit’, Muhammad Habib Wicaksono selaku Koreografer juga penari dibantu oleh teman-teman sesama penari antara lain, Bima Alfian Dinata, Armando Puja Murya, Abimanyu Jalu Sasmito, Fajar Kurniawan, Tegar Surya Armanda, Rizal Nurohman, Ahmad Eka Saputra dan Aldi Yudha Kusuma.

Sementara Penata Iringan Rekyan Wimba Nareswara, Penata Rias & Busana Alfin Nizar Ramadhani dan Haspsari Mustikaningrum, Tim Produksi Jhonny Taufan Nugraha, Hanifah Winda Damayanti, Brillian Galang P, Muhammad Yoga Asmara, Hendriansyah, Galih Prasetyo, Andi serta Nabila. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here