Monday, June 27, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomePendidikanTanamkan Semangat Melayani, Pramuka SMA Bosa Ikut Bertugas di Pospam Lebaran

Tanamkan Semangat Melayani, Pramuka SMA Bosa Ikut Bertugas di Pospam Lebaran

Para anggota Pramuka dari SMA Bosa bergabung dengan Dewan Kerja Cabang serta Andalan Kwartir Cabang Kota Yogyakarta serta petugas dari Kepolisian dan TNI di Pospam Lebaran 2019. Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM – Setiap tahun menjelang hari raya Idul Fitri, peserta didik SMA Bopkri I (Bosa) Yogyakarta berpartisipasi dalam pengamanan mudik Lebaran di Jogja. Mereka membantu bertugas dalam pos pengamanan (Pospam) Lebaran 2019 yang dikoordinir oleh Kwartir Cabang Kota Yogyakarta bersama peserta didik anggota Pramuka dari sekolah-sekolah lain, baik negeri maupun swasta.

Pada momen mudik Lebaran tahun ini, peserta didik SMA Bosa ikut bertugas dengan didampingi dua pembina. Setiap shift yang bertugas dari SMA Bosa ada 5 personil bersama dengan Dewan Kerja Cabang serta andalan Kwartir Cabang Kota Yogyakarta, masing-masing pada tanggal 2 Juni di Pospam Abubakar Ali, pada 4 Juni di Pospam Stasiun KA Lempuyangan, pada 7 Juni kembali bertugas di Pospam Abubakar Ali dan pada 9 Juni juga di Pospam Stasiun KA Lempuyangan. Tiap hari ada dua shift, yakni shift pertama pukul 08.00-14.00 dan shift kedua pukul 14.00-20.00 WIB.

“Adik-adik Pramuka bertugas membantu menyeberangkan warga dan pengaturan lali-lintas yang melewati Jalan Abubakar Ali dan Jalan Malioboro, melayani masyarakat bila menanyakan arah tujuan dan sebagainya,” kata Agung Budi Putranto MT, Pembina Pramuka SMA Bosa yang juga sebagai Andalan dan Pelati Pramuka di Kwarti Cabang Kota Yogyakarta kepada Bernasnews.com, Senin (3/6/2019).

Para pembina dan guru Pramuka SMA Bosa yang bertugas pada Pospam Lebaran 2019. Foto : Istimewa

Dikatakan, tugas utama peserta didik di Pospam Lebaran adalah melayani masyarakat dengan tulus, ikhlas sesuai dengan dasar atau nilai ke-Bopkri-an yang diajarkan yakni Kasih, integritas dan sebagainya. Bentuk pelayanan yang dilakukan, misalnya di Stasiun Kreta Api Lempuyangan antara lain mengamankan garis batas aman kedatangan KA dari penumpang dan melayani penumpang yang menanyakan pintu keluar, menginformasikan jadwal kedatangan dan keberangkatan KA, mengarahkan penumpang ke gerbong KA sesuai tiket yang dimiliki dan sebagainya.

“Mungkin sederhana, namun sangat penting bagi masyarakat terutama bagi pemudik atau wisatawan yang mengalami kesulitan saat tiba atau berangkat dari Jogja, apalagi pada saat-saat ramai seperti pada musim mudik sekarang. Dan bagi peserta didik akan tertanam dalam diri mereka rasa solidaritas dan rasa kemanusiaan dengan semangat melayani,” tutur Agung Budi Putranto.

Untuk tahun ini, menurut Agung Budi Putranto, Posko Gerakan Pramuka Kota Yogyakarta ada di Pos Stasiun KA Tugu Yogyakarta , Pos Stasiun KA Lempuyangan, Pos Teteg Abubakar Ali/ ABA, Pos Simpang 4 Kantor Pos Besar Yogyakarta (titik 0 km) dan Pos Terminal Giwangan.

Peserta didik anggota Pramuka SMA Bosa yang bertugas di Pospam Lebaran 2019 di Stasiun Tugu, Minggu (2/6/2019). Foto : Istimewa

Pada musim mudik Lebaran tahun ini, Pembina Pramuka Gugus Depan 03053-03054 SMA Bosa yang ikut membantu mendampingi peserta didik dari SMA Bosa adalah Agung Budi Putranto MT selaku Andalan dan Pelatih Kwarcab Kota Yogyakarta, Cahyo Muntadi MG (Andalan dan Pelatih), Lukas Istiadi MT (Pembina), Endarto Sri Kuncoro MG (pembina), Pedro (Pembina dan Guru) dan Dika (Pembina dan Guru).

Sejumlah sekolah swasta yang berpartisipasi dalam membantu melayani masyarakat pada Pos PAM Lebaran Kwatir Cabang Kota Yogyakarta selain SMA Bosa juga dari SMA St Maria, SMA Kolombo, SMA Budya Wacana, SMK SMTI, SMK Bosa, SMK Koperasi, sementara dari sekolah negeri terdiri dari SMA Negeri 1 hingga SMAN 11 serta SMK Negeri yang ada di Kota Yogyakarta.

Pada Senin (3/6/2019) pukul 14.00 WIB, Ketua Kwartir Daerah DIY GKR Mangkubumi menjadi pembina apel di Pos PAM Abubakar Ali yang diikuti Saka Bhayangkara (Pramuka di bawah instansi Kepolisian), Saka Bhakti Husada(Pramuka di bawah instansi Dinas Kesehatan), Saka Pariwisata (Pramuka di bawah instansi Dinas Pariwisata) dan Pramuka Peduli (dari kwartir) dan petugas Pramuka di Pos PAM Abubakar Ali. (lip)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments