Home Ekonomi Tanaman Anggrek Bukan Sekadar Tanaman Hiasan Biasa

Tanaman Anggrek Bukan Sekadar Tanaman Hiasan Biasa

176
0
Bunga anggrek yang sedang mekar di rumah Ratnawati di Karangmojo, Purwomartani, Kalasan, Sleman. Foto : Bernasnews.com/Philipus Jehamun

BERNASNEWS.COM – Belakangan ini semakin banyak orang menggemari tanaman anggrek. Dari sekadar hiasan yang dipajang di meja kerja atau ruang tamu, tanaman anggrek juga menjadi komoditi bisnis yang menjanjikan. Ada yang mengoleksi sekadar karena hobi, namun kemudian berkembang menjadi bisnis. Tanaman anggrek pun semakin banyak dicari. Akibatnya, harga tanaman anggrek atau orchidaceae dengan jenis dan warna bunga yang beraneka ragam itu semakin tinggi.

Mengapa orang menyukai atau menggemari tanaman anggrek? Menurut Yuli Langku, salah satu penggemar tanaman anggrek warga Dusun Cupuwatu, Purwomartani, Kalasan, Sleman, karena dengan melihat bunga tanaman anggrek dengan warna yang beraneka ragam mampu membuat suasana hati tenang dan nyaman.

Selain itu, menanam, merawat dan memelihara tanaman anggrek membuat pikiran pun terasa segar. “Pokoknya tanaman anggrek membuat suasana hati selalu bahagia,” kata Yuli Langku, seorang perawat di salah satu sakit di Jogja ini kepada Bernasnews.com, Senin 12 April 2021.

Anggrek bulan bermekaran. Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com

Karena tanaman anggrek mampu memberi kepuasan batin dan membuat suasana hati terasa nyaman, Yuli pun gemar membeli tanaman anggrek dengan harga berapa pun. Dan kini di ruang terbuka samping rumahnya di Dusun Cupuwatu, Purwomartani, dipenuhi tanaman anggrek mulai dari yang kecil hingga yang sudah berbunga warna-warni.

“Setiap sore sepulang kerja saya duduk di teras sambil minum kopi dan memandang tanaman anggrek yang bergantungan maupun yang ada di pot-pot yang disusun rapih di rak kayu hasil karya sendiri rasanya sangat membahagiakan,” kata Yuli.

Hal yang sama diakui Ratnawati, penggemar tanaman anggrek lainnya, warga Karangmojo, Purwomartani, Kalasan, Sleman. Menurut Ratnawati yang sehari-hari bekerja sebagai guru di sebuah SMA swasta terkemuka di Jogja ini, tanaman anggrek selalu membuatnya merasa terhibur.

Bunga anggrek yang sedang mekar di rumah Ratnawati di Karangmojo, Purwomartani, Kalasan, Sleman. Foto : Bernasnews.com/Philipus Jehamun

Sebab, dengan melihat tanaman anggrek yang bertumbuh subur, berdaun lebat dan berbunga warna warni membuat suasana hati selalu senang. “Sulit memang dijelaskan, karena hanya bisa dirasakan betapa menyenangkan memandang tanaman anggrek, apalagi kalau sudah berbunga,” kata Ratnawati.

Ratnawati mengaku lebih suka memelihara atau merawat tanaman anggrek mulai dari yang kecil hingga berbunga. Selain bisa mengenal karakter tanaman anggrek, seperti ada yang suka kena panas, ada yang suka panasnya sedang-sedang saja dan ada yang hanya senang dingin atau tidak terkena sinar matahari, ia juga bisa menikmati dan mengikuti proses pertumbuhan tanaman anggrek mulai dari kecil hingga berbunga.

“Ada kepuasan tersendiri mengikuti proses pertumbuhan tanaman anggrekmulai dari kecil hingga dewasa dan berbunga. Dan ketika sudah berbunga kepuasannya batin sangat luar biasa,” kata Ratnawati yang halaman rumahnya dipenuhi tanaman anggrek.

Anggrek kriting yang langka dari Papua. Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com

Karena tanaman anggrek semakin banyak dan ada yang berminat maka Ratnawati pun mengembangkan hobi menanam dan memelihara anggrek menjadi bisnis baru. “Kalau ada yang berminat membeli ya saya lepas atau jual, namun kalau tidak ada ya untuk dinikmati sendiri,” kata Ratnawati yang mengaku sudah puluhan tahun mengoleksi dan mengembangkan tanaman anggrek di rumahnya.

Kelebihan tanaman anggrek dibanding tanaman hias lainnya adalah bunganya yang warna warni dan awet. “Bunga anggrek itu awet bisa berbulan-bulan bahkan bisa lebih dari 3 bulan baru layu,” kata Ratnawati.

Sementara dari segi harga, tanaman anggrek harganya selalu stabil atau bahkan naik. Jadi tidak musiman seperti tanaman hias tanpa bunga. Tanaman anggrek (orchidaceae) merupakan satu jenis tumbuhan berbunga dengan anggota jenis terbanyak. Jenis-jenisnya tanaman anggreka tersebar luas dari daerah tropika basah hingga wilayah sirkumpolar, meskipun sebagian besar anggotanya juga ditemukan di daerah tropika. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here