Home News Tak Ada Penyekatan pada Libur Natal-Tahun Baru, Meski PPKM Level 3

Tak Ada Penyekatan pada Libur Natal-Tahun Baru, Meski PPKM Level 3

50
0
Menko PMK Muhadjir Effendy. Foto: rri

BERNASNEWS.COM – Meski semua daerah di Indonesia akan ditetapkan masuk PPKM Level 3 pada masa libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, namun tidak ada penyekatan di jalan bagi pemudik seperti pada pelaksanaan PPKM Level 3 sebelumnya.

Sebab, penerapan PPKM Level 3 di semua daerah di Indonesia selama masa libur Natal dan Tahun Baru hanya sebagai pedoman pengendalian mobilitas warga bukan gambaran kondisi atau status kasus Covid-19 di daerah tersebut. Karena faktanya tidak ada lagi daerah di Indonesia yang status Covid-19 masuk kategori PPKM Level 3 apalagi PPKM Level 4, tapi semuanya berada di PPKM Level 2 dan PPKM Level 1.

“Tidak ada penyekatan jalan pada musim liburan Natal dan Tahun Baru meski diterapkan PPKM Level 3 di seluruh daerah di Indonesi,” kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dikutip Bernasnews.com dari metrotv, Jumat 19 November 2021.

Menurut Menko PMK, meski tidak ada penyekatan tapi upaya pengendalian mobilitas masyarakat selam masa libur Natal dan Tahun Baru akan lebih ketat. Syarat utama adalah wajib sudah divaksin minimal dosis pertama, terpanta dalam aplikasi Peduli Lindungi, mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

Selain itu, menurut Menko PMK, selama masa libur Natal dan Tahun Baru dengan menerapkan PPKM Level 3 secara merata di seluruh Indonesia, tidak ada kebijakan cuti bersama bagi ASN maupun TNI/Polri.

Kebijakan tersebut diambil sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona dan lonjakan kasus seperti pada masa-masa libur sebelumnya. “Kita harus belajar dari pengalaman libur sebelumnya dimana terjadi lonjakan kasus yang luar biasa. Kita tidak ingin hal yang sama terulang,” kata Muhadjir Effendy.

Khusus di wilayah DIY, saat ini semua kabupaten/kota berada di Level 2 PPKM. Hal ini tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 60 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali. Meski demikian, pada masa libur Natal-Tahun Baru, semua daerah termasuk DIY berlaku PPKM Level 3.

Kabupaten Sleman bersama Kabupaten/Kota lainnya di D.I. Yogyakarta masih dalam kriteria PPKM Level 2 yang berlaku dari 16 – 29 November 2021. Hal tersebut tertera dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 60 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali. Aturan PPKM untuk Kabupaten Sleman secara rinci akan kami umumkan kemudian, setelah terbitnya Instruksi Gubernur DIY dan Instruksi Bupati Sleman. Maturnuwun,” cuit Pemkb Sleman dikutip Bernasnews.com di akun twitter @@kabarsleman, Jumat 19 November 2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here