Home News Tahun 2022 Kementerian PUPR Bangun 37 Jembatan Tipe Callender Hamilton

Tahun 2022 Kementerian PUPR Bangun 37 Jembatan Tipe Callender Hamilton

46
0
Jembatan tipe Callender Hamilton. Foto: [email protected]

BERNASNEWS.COM – Kementerian PUPR akan membangun 37 unit jembatan tipe Callender Hamilton (CH) di Pulau Jawa. Pembangunan jembatan tersebut akan diganti/duplikasi melalui skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Dikutip Bernasnews.com dari akun Instagram @kemenpupr, jembatan CH merupakan jembatan rangka baja hasil inovasi Archibald Milne Hamilton dan sebagai tipe jembatan paling ekonomis pada masanya. Ada dua tipe jembtan CH, yaitu through-type (rangka baja berada di atas lantai jembatan) dan deck-type (rangka baja berada di bawah lantai jembatan).

Disebutkan bahwa jembatan CH terdiri dari rangkaian panel-panel rangka batang, di mana tiap panel mempunyai panjang 15 kaki (4,58 m). Panjang jembatan CH yang umum terdiri dari 7-11 panel. Sambungan dilakukan dengan menggunakan baut dan mur, sehingga tidak diperlukan pekerjaan pengelasan atau pemotongan di tempat.

Jembatan tipe ini mulai dibangun di Indonesia pada pertengahan ’70-an. Karena usianya sudah mencapai 40 tahun, penggantian/duplikasi dilakukan untuk meningkatkan kualitas jembatan.

Menurut pemilik akun instagram @tamssssyp, jembatan type seperti ini banyak terdapat di Kalimantan dan terbukti tangguh sampai puluhan tahun.

“wah semoga 37 jembatan ini akan semakin cantik, kokoh dan berguna bagi masyarakat,” komentar cewek NKRI di akun instagram @@ceweknkri. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here