Home News Tahun 2021 Ini Presiden Jokowi Resmikan 17 Bendungan di Sejumlah Daerah di...

Tahun 2021 Ini Presiden Jokowi Resmikan 17 Bendungan di Sejumlah Daerah di Indonesia

96
0
Salah satu bendungan yang sudah diresmikan Presiden Jokowi. Foto: Instagram @jokowi

BERNASNEWS.COM – Selama tahun 2021 ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah dan akan meresmikan 17 bendungan di sejumlah daerah di Indonesia. Sejak Januari 2021 Presiden Jokowi sudah meresmikan 7 bendungan dan 10 bendungan lagi akan diresmikan hingga Desember 2021.

“Dalam sepekan terakhir, saya meresmikan 3 bendungan di setiap kunjungan kerja ke daerah. Bendungan Kuningan di Jawa Barat, Bendungan Way Sekampung di Lampung dan kemarin, saya meresmikan Bendungan Bendo di Jawa Timur. Ada 17 bendungan yang telah dan akan diselesaikan pemerintah sepanjang tahun 2021. Yang sudah diresmikan tahun ini, selain yang saya sebutkan tadi, adalah Bendungan Tukul di Pacitan, Jawa Timur, Bendungan Tapin di Kalimantan Selatan, Bendungan Napun Gete di NTT dan Bendungan Sindangheula di Banten,” tulis Presiden Jokowi yang dikutip Bernasnews.com dari akun Instagram @jokowi yang diunggah pada Kamis, 9 September 2021.

(Baca juga: Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Way Sekampung di Lampung)

Pada Kamis, 9 September 2021 ini, Presiden Jokowi meresmikan Bendung Gilireng dan Bendungan Paselloreng di Kabupaten Wajo. “Pagi ini saya berkunjung ke Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. Saya hendak meninjau kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi para pelajar dan masyarakat, lalu meresmikan Bendung Gilireng dan Bendungan Paselloreng di Kabupaten Wajo,” tulis Presiden Jokowi di akun Instagramnya.

Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Bendo di Dusun Bendo, Desa Ngindeng, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur, pada hari Selasa (7/9/2021) siang. Foto: kominfo.go.id

Menurut Presiden Jokowi, 10 bendungan lainnya diharapkan segera diresmikan dalam waktu dekat. Ke-10 bendungan tersebut adalah Bendungan Paselloreng dan Bendungan Karalloe di Sulawesi Selatan, Bendungan Ladongi di Sulawesi Tenggara, Bendungan Bintang Bano di NTB, Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi d Jawa Barat, Bendungan Tugu dan Bendungan Gongseng di Jawa Timur, Bandungan Pidekso di Jawa Tengah serta Bendungan Margatiga di Lampung.

(Baca juga: Bendungan Bendo di Kabupaten Ponorogo Mampu Mengairi 7.800 Hektar Lahan Sawah)

Semua bendungan tersebut, menurut Presiden Jokowi, kan menjadi sumber air jaringan irigasi yang dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat, khususnya para petani, untuk meningkatkan produktivitas pertanian. Selain itu, bendungan akan menjadi pemasok air bersih, sumber tenaga listrik dan pengendali banjir. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here