Tuesday, May 24, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsTadarus Al Qur’an di Kemantren Pakualaman, Kota Yogyakarta Setiap Selasa dan Kamis

Tadarus Al Qur’an di Kemantren Pakualaman, Kota Yogyakarta Setiap Selasa dan Kamis

bernasnews.com – Guna meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT,  Kemantren Pakualaman, Kota Yogyakarta pada  Ramadhan 1443 H menyelenggarakan tadarus Al Qur’an setiap hari Selasa dan Kamis untuk karyawan karyawati yang beragama Islam di kantor setempat.

“Tadarus berasal dari kata darasa (دَرَسَ) yang memiliki arti belajar. Kemudian disisipi huruf ta (ت) pada awal kata yang mengubah arti menjadi mempelajari bersama. Kegiatan tadarus melibatkan dua orang atau lebih. Artinya sebagian menyimak dan yang lain membaca dengan tujuan mempelajari atau menjaga hafalan dengan mengulang bacaan Al Qur’an,” kata Mantri Anom Kemantren Pakualaman Sugeng Triyadi kepada bernasnews.com melalui whatsApp di Yogyakarta, Selasa (26/4/2022).

Menurut dia, kegiatan tadarus Al Qur’an ini diselenggarakan selama 30 menit sebelum kegiatan pelayanan kepada masyarakat. Kegiatan ini dibimbing dari personil KUA Pakualaman Yogyakarta. Dalam  kegiatan ini dikelompokkan jadi dua yakni kelompok belajar tajwid dan kelompok belajar membaca Al Qur’an.

Ada empat keutamaan tadarus Al Qur’an yakni memperbaiki bacaan Al Qur’an, menjaga hafalan Al Qur’an, memaknai dan mengamalkan isi Al Qur’an, serta menjalin ukhuwah islamiyah.

“Untuk memperbaiki bacaan Al Qur’an, tadarus merujuk pada sebuah aktivitas pembacaan Al Qur’an dengan tujuan memelihara dan memperbaiki hafalannya.  Tadarus adalah momen yang tepat untuk menjaga hafalan Al Qur’an. Kegiatan ini dapat dilakukan karena ada orang lain yang akan menyimak dan mendengarkan bacaan hafalan kita.

Kemudian saat tadarus jangan lupa memperhatikan, menggali, dan mendalami makna ayat-ayat Al Qur’an. Dengan tadarus, kita menjalin dan memperat ukhuwah islamiyah antarmuslim,” kata Sugeng Triyadi. (mar)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments