Home News Sutrisna Wibawa Semprot Disinfektan dan Bagikan Masker Buatan Gunungkidul

Sutrisna Wibawa Semprot Disinfektan dan Bagikan Masker Buatan Gunungkidul

143
0
Prof Dr H.Sutrisna Wibawa foto bersama tim sebelum berkeliling tiga desa di Kecamatan Playen, Gunung Kidul untuk membagikan masker dan melakukan penyemprotan disinfektan, Sabtu (28/3/2020). Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM – Pandemi Virus Corona telah membuat Kabupetan Gunung Kidul dan seluruh DIY berstatus tanggap darurat. Dan untuk menjawab kebutuhan masyarakat, Prof Dr H.Sutrisna Wibawa berkeliling tiga desa di Kecamatan Playen, Gunung Kidul untuk membagikan masker dan melakukan penyemprotan disinfektan.

Aksi ini dilakukan di Desa Teguhan, Desa Ngleri dan Desa Banyusoco Kecamatan Playen, pada Sabtu (28/3/2020). Dalam kegiatan yang dimulai pukul 12.00 siang itu, Sutrisna yang didampingi lurah ketiga desa, Relawan Kadhung Trisna, tokoh pemuda, perangkat desa dan anggota tim penanggulan virus Corona di seputar Gunung Kidul melakukan penyemprotan.

Prof Dr H.Sutrisna Wibawa (kedua dari kiri). Foto : Istimewa

“Banyak masyarakat Gunung Kidul menghubungi melalui media sosial ataupun whatsapp agar mendapatkan bantuan terkait Corona. Hari ini, ikhtiar kita mulai di tiga desa,” ungkap Sutrisna dalam rilis yang dikirim ke berbagai media, termasuk Bernasnews.com, Sabtu (28/3/2020).

Dalam aksi tersebut, total tiga tangki konsentrat disinfektan dibawa oleh Sutrisna. Setelah diencerkan sesuai dengan standar kimia klinis, setiap tangki mencukupi untuk disemprotkan ke seluruh desa. Termasuk di fasilitas umum yang banyak digunakan masyarakat seperti sekolah, puskesmas dan balai desa.

Sutrisna Wibawa bersama istri. Foto : Istimewa

Sementara itu, sebanyak 500 masker dibagikan dalam agenda yang sama. Masker yang dibagikan ini merupakan produk asli Gunung Kidul yang dibuat sebuah UMKM. Layaknya anjuran dokter, pembagian masker diprioritaskan kepada tenaga kesehatan dan masyarakat yang memiliki resiko.

“Kami menggunakan produk asli Gunung Kidul untuk membantu masyarakat Gunung Kidul sendiri. Aksi ini menjadi simbol kami sebagai masyarakat Gunung Kidul bisa bersama-sama melawan virus ini,” tegas Sutrisna.

Selain aksi di tiga desa, Sutrisna juga turut menyalurkan bantuan disinfektan dan masker di Desa Gading, Kecamatan Playen, Sabtu (28/3/2020) pagi. Bantuan yang disalurkan juga dalam rangka melawan virus Corona, dilakukan berkolaborasi berkolaborasi dengan Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat Gunungkidul.

Sutrisna Wibawa melakukan penyemprotan. Foto : Istimewa

Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi DIY Heri Sebayang dan Ketua DPC Demokrat Gunungkidul Supriyani Astuti hadir dalam agenda penyaluran bantuan tersebut bersama puluhan pengurus Partai Demokrat.

Heri mengungkapkan, aksi yang mereka lakukan bersama tersebut sejalan dengan visi Demokrat yaitu “Harapan Rakyat Perjuangan Demokrat.” “Melawan Corona ini juga sangat diharapkan rakyat Gunung Kidul dan menjadi perjuangan kami di Partai Demokrat. Hari ini, perjuangan kami mulai di Desa Gading, agar badai cepat berlalu, Corona hilang dari Gunung Kidul dan Indonesia,” tegas Heri.

Ke depan, Sutrisna mengungkapkan bahwa penyemprotan disinfektan dan pembagian masker akan terus dilakukan sesuai dengan kapasitas dan permintaan masyarakat. Kolaborasi dengan berbagai komponen masyarakat juga akan terus dilakukan agar Gunung Kidul sebagai kabupaten terluas di Provinsi DIY dapat aman dari virus Corona.

Kolaborasi itu, menurut Sutrisna, dapat dilakukan dengan menekuni kapasitas dan profesi masing-masing. Penjahit bisa membuat masker, pemuda melakukan penyemprotan disinfektan dan pendidik dan tenaga kesehatan terus memberi penyuluhan tentang Corona.

Warga Gunung Kidul yang sedang merantau, juga bisa berkontribusi dengan cara tidak pulang kampung dan mendoakan dari jauh. “Ayo sebagai putra-putri Gunung Kidul, kita lawan Corona dengan gotong-royong. Sesuai dengan kapasitas, profesi, dan posisi masing-masing, Corona bisa kita lawan tuntas,” kata Sutrisna. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here