Thursday, August 18, 2022
spot_img
spot_img
HomePendidikanSumber Daya Dosen Menjadi Kunci Kualitas Perguruan Tinggi

Sumber Daya Dosen Menjadi Kunci Kualitas Perguruan Tinggi

BERNASNEWS.COM — Sumber daya manusia (SDM) di kalangan dosen menjadi kunci untuk mencapai peningkatan kualitas Perguruan Tinggi (PT). Kualitas manusia, dalam konteks ini, dosen, menjadi inti kualitas PT. Demikian disampaikan oleh Rektor Universitas Widya Mataram (UWM) Prof Dr.Edy Suandi Hamid, MEc, Selasa (15/2/2022).

Pernyataan itu disampaikan dalam penjelasan kepada wartawan tentang  rencana peluncuran ‘Menuju Pancawindu Widya Mataram’, yang akan dilaksanakan Kamis, 17 Februari 2022, di Pendopo Agung nDalem Mengkubumen, Kampus UWM, Yogyakarta. Ikut hadir dalam acara tersebut Wakil Rektor III UWM Puji Qomariyah, SSos, MSi.

Prof Edy Suandi Hamid mengungkapkan, bahwa UWM memasuki usia ke-40 akan melakukan refleksi guna mengetahui keunggulan dan kelemahan untuk menjadi cerminan dalam menatap masa depan, yang merupakan aspek penting dalam refleksi adalah SDM.  Peningkatan kualitas SDM di kalangan dosen menjadi perhatian khusus.

Rektor UWM Prof Dr. Edy Suandi Hamid, MEc (Kanan) didampingi Wakil Rektor III UWM Puji Qomariyah, SSos, MSi saat menyampaikan penjelasan pada wartawan tentang rencana peluncuran ‘Menuju Pancawindu Widya Mataram’, yang akan dilaksanakan Kamis, 17 Februari 2022, di Pendopo Agung nDalem Mengkubumen, Kampus UWM, Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

“Sejauh ini UWM telah melakukan langkah tersebut dengan mendorong para dosen kuliah lagi, dengan bantuan biaya dari universitas maupun beasiswa dari lembaga lain seperti beasiswa studi strata dua (S2) dan doctoral (S3) dari pemerintah dan sponsor lainnya,” papar Prof Edy.

Dikatakan, sampai Februari 2022, terdapat 13 dosen sedang studi S3. Saat ini yang selesai studi S3 dan berhak menyandang predikat gelar doktor sebanyak 19 dosen. Ini menunjukkan UWM sangat serius dalam mengejar kualitas dosen untuk meningkatkan pelayanan pendidikan.

“Ini akan terus dilakukan meskipun rata-rata jumlah dosen bergelar doktor mencapai 21, 84 persen yang berarti melampuai rerata nasional bagi suatu PT yang baru mencapai 16,7 persen,” ungkap Pakar Ekonomi itu.

Sejalan dengan peningkatan kerjasama, Wakil Rektor III Puji Qomariyah, SSos, MSi menyatakan, bahwa UWM terus meningkatkan kerjasama dengan PT lain di Jawa dan luar Jawa. Kerjasama yang telah disepakati dengan beberapa PT di Lampung, Jawa Tengah, dan Medan. “Langkah UWM itu bagian dari implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” ujar Puji. (nun/ ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments