Home News Strategi Membangun Citra Keuskupan, Melalui Pelatihan Public Relations

Strategi Membangun Citra Keuskupan, Melalui Pelatihan Public Relations

88
0
Penutupan Pelatihan Public Relations ASMI Yogyakarta oleh Wakil Direktur ASMI Yogyakarta. Dwiatmoko Budi S, SSos, MPA, Jumat (26/11/2021). Foto: Tangkapan Layar.

BERNASNEWS.COM — Pelatihan Public Relations (Hubungan Masyarakat) secara daring diselenggarakan pada tanggal,  22 -26 November 2021, oleh Pusat Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Kerjasama ASMI Santa Maria Yogyakarta. Pelatihan diikuti oleh Suster Editha, OSF dari  Biara OSF, Semarang  dan Novida Wahyuningsih sebagai pembantu pelaksana di Kantor Vikaris Jendral Keuskupan Malang.

Pelatihan Public Relations daringdibuka oleh Direktur ASMI Yogyakarta, Drs. Yohannes Suraja, MSi,MM, pada Senin 22 November 2021. Pelatihan diberikan oleh para nara sumber yang berkompeten di bidangnyadaridosen ASMI Santa Maria Yogyakarta.

Materi pelatihan meliputi, Strategi Membangun Citra Organisasi oleh Drs. De Santo Yohannes, MM dan  CH; Kurnia DyahMarhaeni, SSos, MM dengan materi Penulisan Naskah Public Relations; Dra. Agnes Erna Wantiyastuti, M.Si materi tentang Mengelola Publik Organisasi dan Corporate Social Responsibility (CSR).  Manajemen Krisis dan Mengelola Komunikasi Pemasaran (Branding) Organisasi disampaikan oleh Yulius Pribadi, SIP, MIKom.

Sedangkan materi teknik penulisan press release dan feature disampaikan oleh Drs. Z. Bambang Darmadi, MM  dan materi terkahir pada Jumat 26 November 2021 disampaikan oleh Rendro Laksmono, SIP, M. tentang tentang Media Relations dan Press Conference. Mengelola Event, MC dan Keprotokolan disampaikan oleh Nurdewi Wijayanti, SSos, MSi.

Ketua Prodi Public Relations ASMI Santa Maria Yogyakarta Nurdewi Wijayanti, SSos, MSi (pojok atas kiri) saat menyampaikan materi tentang mengelola event, MC dan keprotokoleran pada peserta. (Foto: Tangkapan Layar)

Salah satu peserta pelatihan, Novida Wahyuningsih dari Keuskupan Malang merasa senang mengikuti pelatihan Public Relations yang diselenggarakan oleh Pusat Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Kerjasama ASMI Santa Maria Yogyakarta. Berminat ikut platihan berawal dari undangan ASMI Santa Maria Yogyakarta yang disampaikan kepada Uskup Malang.

“Berminat mengikuti pelatihan karena berdasarkan materi Public Relations sebagian telah dilaksanakan dalam tugas pekerjaan di Kantor Sekretariat Keuskupan Malang sekaligus ingin meningkatkan kompetensi,” ungkap Novida, dalam rilisnya, Senin (29/11/2021).

Lanjut Novida, setelah berdialog  dengan keluarga kemudian memohon ijin kepada RP. Ignatius Joko Purnomo, O.Carm, Sekretaris Keuskupan Malang. Walaupun di tengah kesibukan mempersiapan pertemuan tahunan Keuskupan Malang yang dilaksanakan pada 24-25 November 2021.

“Karena dilaksanakan secara virtual, mendapat dispensasi oleh Romo Sekretaris Keuskupan Malang,” terang Novida.

Sebagai pribadi maupun atas nama kelembagaan, Novida mengucapkan terimakasih kepada para dosen ASMI Santa Maria Yogyakarta yang telah memberikan pencerahan tentang Public Relations dan menguatkan motivasi untuk membangun citra Keuskupan Malang yang selama ini ia tekuni.

Pelatihan Public Relations berakhir pada Jumat 26 November 2021. Penutupan pelatihan dihadiri oleh Wakil Direktur ASMI Santa Maria Yogyakata  Dwiatmodjo Budi S, SSos, MPA, Ketua Pusat Pelatihan, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Kerjasama ASMI Yogyakarta, Indri Erkaningrum F, SE, MSi dan Ch. Kurnia Dyah Marhaeni, SSos, MM. Juga Ketua Program Studi Public Relations Nurdewi Wijayanti, SSos, MSi

Dwiatmodjo Budi selaku Wakil Direktur I  mengatakan, bahwa jenis pelatihan yang dilaksanakan ASMI Santa Maria Yogyakarta ada beberapa antara lain, Administrasi Kantor, Manajemen Keuangan dan Public Relations dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia demi keberlansungan sebuah organisasi.

“Mungkin apa yang didapatkan tidak dapat langsung dirasakan manfaatnya, namun dapat menjadi bekal yang dibutuhkan untuk mendukung citra sebuah organisasi,” pungkasnya. (Novida, Keuskupan Malang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here