Tuesday, May 24, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeSeni BudayaStiker sebagai Sebuah Karya Seni Dipamerkan

Stiker sebagai Sebuah Karya Seni Dipamerkan

bernasnews.com – Sebagai sebuah ruang presentasi kolaborator lintas seni dan budaya kontemporer, UPGO.ID bersama Rumah Atas Gallery (RAG) selaku organizer pameran, menggelar pameran STICKER HEROES 4 di Yogyakarta untuk pertama kali. Pameran tersebut diharapkan dapat memberikan wawasan kepada para penikmatnya tentang seni stiker dan perkembangan kontemporer seni grafis stiker.

Menurut Dennis Purito Yapsir sebagai Founder UPGO.ID, berangsung dari tanggal 12 Maret – 9 April 2022Beberapa kegiatan lain dalam pameran adalah penampilan mural oleh para seniman UPGO.ID, workshop kolase stiker, podcast dan sticker jamming.

Dikatakan, stiker tentu bukan hal yang asing bagi kita. Stiker dapat ditemukan dalam aneka bentuk, warna dan tujuan penggunaan pada hampir semua benda. Namun stiker sebagai sebuah karya seni? Mungkin belum terbayangkan sebelumnya. Seni stiker sendiri merupakan salah satu bentuk dari street art dimana gambar atau pesan ditampilkan dengan menggunakan media stiker.

Pada perkembangannya, stiker sangat tertinggal dari seni urban lainnya seperti graffiti, mural dan seni jalanan lainnya. Praktik pembuatan stiker telah terjadi selama berabad-abad dan sudah banyak tercatat dalam sejarah zaman mesir kuno hingga seni stiker yang kita kenal saat ini.

Suasana pameran stiker di area Upper Ground, Lippo Plaza Jogja. Pmeran berangsung pada 12 Maret – 9 April 2022. Foto: Istimewa

Dalam kurun waktu 15 tahun terakhir, stiker di Indonesia sangat diminati oleh pelaku seni jalanan dalam mengespresikan karya seninya. Melalui stiker, pelaku seni jalanan dapat mengakses banyak medium yang tidak mungkin terjamah oleh karya mural atau graffiti. Stiker yang digunakan pun sangat variatif mulai dari stiker printing, sablon hingga manual.

Tentang Rumah Atas Gallery

Rumah Atas Gallery (RAG) merupakan sebuah galeri stiker pertama yang berbasis di kota Surabaya. Pada tahun 2016 dengan memanfaatkan sebuah ruang kamar dibangun di lantai atas dan disulap sebagai sebuah layaknya galeri seni, RAG mengumpulkan koleksi karya stiker dari seniman-seniman baik lokal Surabaya bahkan hingga internasional seperti dari Brazil, Amerika, Jerman, Swiss, Italia, Kanada dan beberapa negara yang terkoneksi dengan RAG. Koleksi stiker yang menjadi koleksi RAG mencapai ribuan. Koleksi stiker cetakan terbatas dipajang khusus dengan pigura.

Suasana pameran stiker di area Upper Ground, Lippo Plaza Jogja. Pmeran berangsung pada 12 Maret – 9 April 2022. Foto: Istimewa

Beberapa project pameran pernah di selenggarakan di Surabaya maupun di beberapa kota dan di organisir sendiri. Tidak hanya berhenti sebagai kolektor stiker saja, RAG berkolaborasi dengan banyak seniman stiker lokal maupun intenasional, serta kolaborasi produksi merchandise dengan brand lokal. (Maria Vita Puji)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments