Stay at Home Bagi Wanita, Bisa Merawat Kulit Sambil Memasak

    212
    0
    M.Ay.T. Ayu Hadinugroho, SPsi (46 tahun) Ketua DPC Tiara Kusuma Sleman dan Sekretaris DPD Persatuan Ahli Kencantikan dan Pengusaha Salon Indonesia. (Foto: Istimewa)

    BERNASNEWS.COM — Kebijakan pemerintah agar warga tinggal di rumah saja atau bekerja dari rumah (Work from Home) sebagai salah satu bentuk penerapan social distancing atau physical distancing dalam upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 (Corona). Hal itu, bagi wanita yang terbiasa bekerja di kantoran dan keluar lapangan/ operasional tentu akan menumbuhkan kejenuhan dan kebosanan.

    Kebijakan yang lebih pada imbauan untuk tetap tinggal di rumah saja ini, khususnya bagi pekerja kantoran atau berpenghasilan tetap jika dikaji banyak manfaatnya. Selain bisa bekerja dan berkumpul dengan anggota keluarga setiap waktu setiap hari, pada waktu senggang bisa melakukan kegiatan bersih-bersih rumah, olahraga, bikin karya seni, dan memasak.

    Ayu Hadinugroho sedang mengoleskan irisan tomat pada wajahnya. (Foto: Istimewa)

    Ketua DPC Tiara Kusuma Sleman dan Sekretaris DPD Persatuan Ahli Kencantikan dan Pengusaha Salon Indonesia, M.Ay.T. Ayu Hadinugroho, SPsi dalam bentuk video yang dikirimkan ke Bernasnews.com, Selasa (31/3/2020), memberikan Tips dan Tutorial Merawat Kulit Sambil Memasak untuk mengisi kegiatan Stay at Home atau selama di rumah. Tayangan video dengan konten cukup renyah tersebut dapat dinikmati di kanal youtube.

    Dalam video itu Ayu Hadinugroho yang akrab disapa mbak Ayu sedang memperagakan memasak sayur oseng-oseng pare dan goreng camilan berbahan dasar tahu. Sambil mengiris dan mempersiapkan bahan sayur untuk dimasak, ibu berusia 46 tahun ini mengambil irisan tomat dioleskan di wajah dan leher dengan disertai narasi Bahan Dapur Bisa Jadi Awet Ayu.

    “Tomat banyak mengandung vitamin C, A, K, dengan manfaat sebagai tabir surya, mencerahkan wajah, sebagai pelembab, dan hilangkan jerawat. Jadi selama stay at home nggak perlu memakai bedak,” terang Ayu.

    Tomat juga bisa dimakan langsung, menurut Ayu bisa untuk mencegah kanker. Karena tomat mengandung zat antiosidan tinggi. “Selain untuk wajah, irisan tomat juga bisa dioleskan kaki agar kulit selalu lembab. Tunggu hingga kering kemudian digosok,” ujarnya.

    Minuman segar yang terbuat dari irisan tomat dan jeruk lemon guna meningkatkan daya tahan tubuh dan mengobati sakit tenggorokan disebabkan virus. (Foto: Istimewa)

    Berikutnya, Ayu dibantu seorang staf rumah tangga membuat adonan camilan tahu diantaranya dengan bahan telor ayam. Mengambil putih telornya, kemudian mengoleskan pada wajah stafnya untuk mengencangkan wajah. Putih telur bermanfaat mengencangkan kulit, mengecilkan pori-pori, menghilangkan bekas jerawan dan bintik hitam.

    “Nah kalau buah pare tidak dapat dioleskan ke wajah atau anggota tubuh lainnya. Paren mengandung vitamin C dan bermanfaat menangkal radikal bebas, meremajakan sel kulit, mengurangi resiko kanker kulit. Menjadikan kulit sehat dan cantik atau bebas toksin,” terang pemilik Salon Make Up Artis Shinta Ayu Jogja.

    Lakukan olah raga secukupnya dengan menyapu, mengepel lantai atau dengan alat olahraga yang ada di rumah, buat suasana happy. Berjemur jam 10:00 WIB cukup 15 menit untuk dapatkan Vitamin D untuk usir Corona (Covid-19). Untuk kegiatan sore bikinlah minuman segar menyehatkan dengan bahan campuran tomat dan jeruk lemon guna meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi sakit tenggorokan usir virus, mencegah keriput, serta turunkan badan.

    Kulit pisang mengandung banyak vitamin C dan B6 bagus untuk perawatan wajah. (Foto: Istimewa)

    Tips yang terakhir adalah makan buah, Ayu yang juga sebagai pengurus HARPI “MELATI” DIY ini mencontohkan makan pisang sembari mengoleskan kulit pisang itu pada wajah, leher, tangan, dan kaki. Menurut Ayu, kulit pisang mengandung banyak vitamin C dan B6.

    “Manfaat kulit pisang diantaranya, memutihkan kulit, menghambat ketuaan wajah, mengobati bekas luka, kutil, gigitan nyamuk dan jerawat. Oleskan kulit pisang pada tumit kaki untuk menghilangkan pecah-pecah pada tumit. Juga untuk memutihkan mata kaki, lutut, dan siku,” pungkas Ayu Hadinugroho. (ted)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here