Monday, August 8, 2022
spot_imgspot_imgspot_img
spot_img
HomeOpiniStartup Bisnis

Startup Bisnis

BERNASNEWS.COM – Kemungkinan banyak yang belum bahkan tidak mengenal apa ang dimaksud dengan Startup Bisnis seperti pada judul di atas. Untuk itu marilah kita pahami bersama apa YAng dimaksud dengan Startup Bisnis dalam dunia usaha atau dalam dunia bisnis yang ada sekarang ini.

Mengacu pendapat salah satu ahli yakni Neil Blumenthal, Cofounder dan Co-CEO dari Warby Park bahwa startup merupakan suatu perusahaan yang bekerja untuk bisa memecahkan suatu masalah, dimana solusi tersebut tidak jelas serta kesuksesannya tidak dijamin.

Di sisi lain Paul Graham dalam lamannya menyebutkan bahwa pengertian startup bisnis dimaksudkan sebagai perusahaan yang didesain untuk berkembang dengan cepat. Startup tidak melulu di bidang teknologi saja, namun bisa pula di bidang lain yang harus bergerak dan mampu menyesuaikan dengan perkembangan. Sedang menurut Kamus Meriam Webster, startup dimaksudkan sebagai sebuah perusahaan bisnis pemula.

Selanjutnya ditegaskan bahwa pengertian dari Startup Bisnis itu sendiri adalah suatu bentuk rintisan usaha, atau usaha yang baru atau belum lama didirikan. Sebagian besar perusahaan yang masuk dalam kategori bisnis startup ialah perusahaan yang baru berdiri serta dalam tahap pengembangan dan masih mengkaji pasar yang tepat untuk dapat memasarkan produknya.

Banyak yang menghubungkan bahwa bisnis startup dikaitkan dengan teknologi, web dan semacamnya. Ditinjau dari sisi bahasa startup berasal dari kata start yang memiliki arti memulai dan up yang artinya meningkat atau naik. Sehingga startup dimaksudkan sebagai perusahaan yang mulai meningkat, sehingga ditegaskan lebih lanjut bahwa perusahaan yang disebut startup adalah sebuah perusahaan yang merujuk pada usahanya dengan memanfaatkan teknologi internet, atau perusahaan yang memulai usahanya secara online yang setelah itu akan berkembang, yang ujung-ujungnya akan dapat menemukan pasar yang tepat.

Sejarah dan Ciri Bisnis Startup

Sejarah memunculkan startup ini yang dipopulerkan oleh buble dot-com sekitar tahun 1998-2000. Istilah itu kemudian mendunia serta banyak pengusaha mendirikan bisnis dot-com secara bersamaan. Banyak perusahaan membuka website pribadi dan perkembangan internet saat itu, sehingga membuat banyak orang yang memulai bisnis mereka.

Ada pun ciri bisnis startup di antaranya adalah Perusahaan baru berdiri kurang dari 3 tahun, jumlah karyawan yang dimiliki kurang dari 20 orang, tengah dalam fase pengembangan, penghasilan per tahun masih kurang dari 100.000 dolar AS, biasanya berjalan di dunia teknologi dan web (online), produk yang dihasilkan berupa aplikasi digital dan umumnya berjalan lewat website.

Dalam praktiknya, perkembangan bisnis startup di Indonesia cukup menjanjikan, dimana data menyebutkan bahwa sampai sekarang diperkirakan ada 1.500 founder baru bermunculan, di samping pengguna internet yang berpotensi mengalami kenaikan setiap tahun, sehingga membuat atau mendirikan perusahaan rintisan menjadi sangat terbuka.

Hal ini didukung lagi dengan adanya perkembangan industri digital yang dipengaruhi oleh meningkatnya daya beli serta pendapatan per kapita rakyat Indonesia, meskipun sekarang ini sedang dilanda krisis karena adanya Covid-19.

Cara memulai bisnis startup

Guna menjalankan bisnis yang satu ini, adabeberapa kiat atau tips sebagai dasar yang dapat diterapkan sebelum membuka bisnis startup, di antaranya adalahmMulailah dengan ide yang sederhana dan jangan hanya sekadar ikut-ikutan dari tren yang ada, tentukan tujuan bisnis secara jelas, melakukan identifikasi target pasar dengan analisis pasar terlebih dahulu dan buatlah timeline yang jelas agar tujuan serta target startup tercapai.

Selain itu, pilihlah orang-orang yang dilibatkan dengan solid dan dapat berpikir positif untuk menjalankan usaha ini, dan mereka mempunyai visi dan misi yang sama, ciptakan budaya kerja yang baik dan kuat bagi pihak-pihak yang terlibat dan emua hal tersebut jalankan secara konsisten, agar semua rintangan dapat diatasi sehingga bisnis startup dapat maju

Di Indonesia sendiri sekarang ini ada 3 jenis atau kelompok startup yang berkembang, yakni (1) Startup aplikasi pendidikan; (2) Startup pencipta game; dan (3) Startup perdagangan seperti e-commerce dan informasi. Sedangkan dalam praktiknya kita dapat bercermin dengan dapat melihat pelaku bisnis startup yang berkembang di Indonesia dan berhasil, seperti Tokopedia, KitaBisa, Go-Jek, Bukalapak, Traveloka, OVO. Apakah Anda siap melakukan Startup Bisnis? Semoga. (Drs Djati Julitriarsa MM, Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN Yogyakarta)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments