Home Pariwisata Soto Ayam Koya Bisa Dinikmati Pelaku Vegetarian, Ini Faktanya

Soto Ayam Koya Bisa Dinikmati Pelaku Vegetarian, Ini Faktanya

316
0
Gerai Soto Ayam Koya 31, di Langenastran Lor, Kelurahan Panembahan, Kemantren Kraton, Yogyakarta. Foto diambil Selasa (16/2/2021). Foto: Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com.

BERNASNEWS.COM — Bagi pelaku vegetarian tentu akan selektif sekali dalam memilih kuliner apabila melakukan aktivitas di luar rumah, seperti gowes sepeda, jalan-jalan maupun kegiatan lainnya. Kaum vegetarian tentu akan mencari tempat kudapan yang menunya tanpa daging.

Hal itulah yang diambil sebagai peluang oleh Cahyo Budi Santoso (68 tahun) selaku pemilik Warung Soto Ayam Koya 31, di Jalan Langenastra Lor, Kelurahan Panembahan, Kemantren Kraton, Yogyakarta. Tepatnya sebelah timur Alun-alun Selatan, Yogyakarta.

Soto Ayam Koya yang dibuat Cahyo dan sang istri ini merupakan inovasi dan kreasi perpaduan soto ayam Surabaya yang memakai taburan koya sebagai tambahan semacam penyedap dan soto ayam khas Jogja tempo dulu yang ditaburi irisan ceriping kentang, dengan sentuhan resep keluarga.

Tampilan sajian lengkap Soto Ayam Koya yang tiada duanya, dengan suwiran daging ayam kampung, bubuk koya dan ceriping kentang. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

“Soto Ayam Koya 31 cita rasa kaldunya dibuat tanpa daging namun mengandalkan dari aneka bumbu rempah asli, serta tanpa penyedap rasa buatan. Ini yang menjadi unggulan dan berbeda dengan soto lainnya, sehingga orang yang pantang daging atau vegetarian tetap dapat menikmatinya,”papar Cahyo Budi Santoso, kepada Bernasnews.com, beberapa waktu lalu.

Dikatakan, khusus untuk yang berpantang daging atau pelaku vegetarian soto tinggal disajikan tanpa suwiran (irisan) daging ayam kampung. “Dalam penyajian soto kami ini, suwiran daging, koya, dan ceriping kentang ditaburkan di atas soto dan nasi. Koya dibuat dari bawang goreng, krupuk udang, bumbu tertentu yang kemudian ditumbuk hingga halus,” ucap Cahyo.

Selain disediakan lengkap meja kursi di ruangan namun pembeli Soto Ayam Koya 31 juga bisa menikmati lesehan di halaman yang berumput sintetis. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Harga satu mangkok nasi soto ayam koya sangat terjangkau bagi kocek mahasiswa di situasi pandemi. Juga karena cita rasa yang enak, sehat dan sangat khas membuat Soto Ayam Koya 31 yang belum genap setahun ini diburu oleh pemburu kuliner, khususnya komunitas gowes maupun olah raga pagi. Buka setiap hari dari jam 07:00 WIB hingga habis, hari Senin libur. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here