Tuesday, May 17, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsSoal Pemindahan Ibu Kota Negara, Menkeu Sri Mulyani: Purwarupa Transformasi Kemajuan Indonesia

Soal Pemindahan Ibu Kota Negara, Menkeu Sri Mulyani: Purwarupa Transformasi Kemajuan Indonesia

BERNASNEWS.COM – Menkeu Sri Mulyani mengatakan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) dari Pulau Jawa ke Pulau Kalimantan bukan sekadar pindah lokasi. Namun, pemindahan IKN juga menjadi purwarupa (prototipe) transformasi kemajuan Indonesia dalam menyambut visi Indonesia Maju 2045, salah satunya adalah terciptanya “pusat gravitasi” ekonomi baru yang akan mengurangi kesenjangan kesejahteraan antara wilayah Jawa dan Luar Jawa.

Menurut Menkeu Sri Mulyani dalam proses mulai persiapan, pembangunan, pemindahan hingga penyelenggaraan pemerintahan khusus IKN, pendanaannya akan berasal dari berbagai sumber mulai dari APBN maupun sumber-sumber lain sesuai dengan UU. “Pendanaan ini juga dipastikan tidak akan mengganggu penanganan Covid-19 dan juga program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN),” kata Menkeu Sri Mulyani di akun instagramnya yang dikutip Bernasnews.com.

Menkeu Sri Mulyani mengaku optimis bahwa dibangunnya IKN ini akan mendorong terbentuknya pusat pertumbuhan ekonomi baru yang akan mengakselerasi meningkatnya kesejahteraan rakyat Indonesia.

Dikatakan, menjadi lokasi terciptanya new way of living and working merupakan salah satu cita-cita Ibu Kota Negara (IKN) yang baru saja diberi nama oleh Presiden Jokow yaitu Nusantara.

“Siang ini saya bersama dengan Menteri PPN Suharso Monoarfa menghadiri Rapat Paripurna DPR RI untuk mendengarkan Pembicaraan Tingkat II/Pengambilan Keputusan atas RUU tentang Ibu Kota Negara (IKN). Menjadi lokasi terciptanya new way of living and working merupakan salah satu cita-cita Ibu Kota Negara (IKN) yang baru saja diberi nama oleh Presiden Jokowi yaitu Nusantara,” kata Menkeu Sri Mulyani usai mengikuti rapat paripurna DPR RI yang menetapkn RUU IKN menjadi UUU di Gedung DPR RI Jakarta, 18 Januari 2022.

https://www.instagram.com/smindrawati/

“Semoga Indonesia Maju terwujud.. Indonesia Memimpin. Maju negeriku, sejahtera rakyatnya, adil dan amanah pemimpinnya. Amin3x yra,” harap Betty Rachmawaty di akun @bettyrachmawaty.

“Alhamdulillah sehat selalu bu Ani dsn pak Suharso…semoga kualitas hasil pembangunan nya dapat maksimal..dan tidak terlambat dari jadwal.. aamiin,” harap pemilik akun @ril_62.

Sementara itu, menurut data yang dikutip Bernasnews.com dari stasiun televisi Metrotv, biaya pembangunan IKN sebesar Rp 466 triliun, yang bersumber dari APBN sebesar Rp 89,4 triliun, kerjasama pemerintah dan badan usaha sebesar Rp 253,4 triliun dan dari swasta sebesar Rp 123,2 trilun

Untuk tahap awal yang dipindahkan adalah istana dan lembaga eksekutif, kantor dan perumahan (legislatif dan yudikatif), TNI dan Polri, Bank Sentral dan perbankan utama. Kemudian, perwakilan negara/kedutaan besar, informtion & communication technology dan perguruan tinggi.

Menurut Presiden Joko Widodo, pemindahan IKN merupakan bagian dari transformasi besar-besaran yang dilakukan. “Pembangunan ibukota baru ini bukan semata-mata memindahkan fisik kantor-kantor pemerintahan. Tujuan utama adalah membangun kota baru yang smart, kota baru yang kompetitif di lingkup global, kota yang sehat, kota yang efisien dan kota yang produktif,” kata Presiden Jokowi dalam suatu forum yang dikutip Bernasnews.com dari Metrotv. (lip)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments