Home News SMP Pangudi Luhur Srumbung Adakan Pelatihan Karawitan

SMP Pangudi Luhur Srumbung Adakan Pelatihan Karawitan

213
0
Kelompok Karawitan Siswa SMP Pangudi Luhur Srumbung, Muntilan, Kabupaten Magelang, sedang melaksanakan latihan, Sabtu (1/8/2020), untuk mengikuti ajang FS2L. (Foto: Kiriman Dewi Nurmala Sari, SMP PL Srumbung)

BERNASNEWS.COM — Dalam rangka mengisi dan menyalurkan bakat siswa, SMP Pangudi Luhur Srumbung mengadakan pelatihan karawitan, Sabtu (1/8/2020), di Dusun Bolinggo, Gulon, Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Pelatihan karawitan itu, juga untuk mengikuti ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) yang akan diadakan bulan Agustus 2020.

Meskipun masih dalam masa pandemi Covid-19, pemerintah tetap menggelar kegiatan FLS2N yang telah menjadi agenda rutin tahunan. Acara ini diadakan dengan maksud untuk memperkembangkan bakat dan talenta para pelajar serta melestarikan budaya lokal. “Banyak bidang perlombaan yang diadakan dalam FLS2N ini, antara lain bidang seni budaya, ketrampilan dan akademi,” terang Sutopo, Guru Karawitan SMP Pangudi Luhur Srumbung.

Siswa SMP Pangudi Luhur Srumbung dengan tekun berlatih karawitan, Sabtu (1/8/2020), di Dusun Bolinggo, Gulon, Salam, Kabupaten Magelang. (Foto: Kiriman Dewi Nurmala Sari, SMP PL Srumbung)

Lanjut Sutopo, untuk seni budaya salah satunya karawitan ini diadakan, dengan cara mengirimkan video ke pihak penyelenggara FLS2N (Festival Lomba Seni Siswa Nasional). “Dikarenakan masa pandemi ini sehingga sistem perlombaan diubah dengan cara online,” ungkapnya.

Kesenian lokal yang berwujud karawitan ini dapat menghibur masyarakat sekitar. Sebelum pandemi ini terjadi sempat  karawitan SMP Pangudi Luhur Srumbung perna ditampilkan di Radio Gemilang FM yang berlokasi, di Jalan Pemuda, Kendal Growong, Pucungrejo, Kec Muntilan, Kabupaten Magelang. “Harapannya dengan karawitan ini tetap ada dan mampu menjadi kebanggaan baik anak-anak, dewasa, maupun orang tua,” pungkas Sutopo. (Dewi Nurmala Sari/ zbd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here