Home Pendidikan SMP Negeri 3 Yogyakarta Mengembangkan Majalah Sekolah

SMP Negeri 3 Yogyakarta Mengembangkan Majalah Sekolah

120
0
Kepala SMP Negeri 3 Yogyakarta Dra Binarsih Sukaryanti, M.Pd, para guru setempat dan tim Komunitas Penulis Guru (KPG) Hayam Wuruk 11 Yogyakarta foto bersama sebelum safari literasi di aula lab IPA SMP Negeri 3 Yogyakarta, Jalan Pajeksan 18 Yogyakarta, Rabu (12/1/2022). Foto : Ch Endah Heruwati

BERNASNEWS.COM – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMP N) 3 Yogyakarta berkomitmen mengembangkan majalah sekolah sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya budaya literasi sekolah. Sudah sejak lama warga sekolah merindukan kehadiran majalah sekolah sebagai wahana ekspresi diri di bidang literasi. Setelah melalui berbagai proses, antara lain workshop literasi, akhirnya lahir media sekolah bernama AKSIGATA atau Ajang Kreasi Siswa Inovatif SMP Negeri 3 Yogyakarta pada awal tahun 2022.

“Maka kehadiran tim Komunitas Penulis Guru (KPG) Hayam Wuruk 11 Yogyakarta dengan kegiatan safari literasi ini sungguh memberikan makna bagi kami. Semoga warga sekolah kami, khususnya siswa, guru dan karyawan, lebih termotivasi untuk belajar dan berkarya di bidang literasi,” kata Kepala SMP Negeri 3 Yogyakarta Dra. Binarsih Sukaryanti, M.Pd saat membuka Safari Literasi Bersama KPG Hayam Wuruk 11 Yogyakarta di aula lab IPA  sekolah setempat, Jalan Pajeksan 18, Sosromenduran, Gedongtengen Yogyakarta, Rabu (12/1/2022). 

Narasumber safari literasi Y.B. Margantoro mengapresiasi sekolah yang memiliki komitmen dan konsisten untuk menerbitkan majalah sekolah bagi siswa, guru dan karyawan. Menurut dia, memulai sesuatu itu tidak mudah, namun berupaya melestarikan juga tidak gampang. Oleh karena itu dibutuhkan kesungguhan warga sekolah untuk melestarikan produk media ekspresi yang sudah dimiliki.

Kepala SMP Negeri 3 Yogyakarta Dra Binarsih Sukaryanti, M.Pd dan tim KPG Hayam Wuruk 11 Yogyakarta pada safari literasi di sekolah setempat, Rabu (12/1/2022). Foto : Ch Endah Heruwati

“Tim literasi sekolah sebagai pendukung utama majalah sekolah, selain berkreasi dalam banyak hal di bidang literasi, harus semangat dalam belajar, berkarya dan solid. Giatkan aneka kegiatan literasi sekolah untuk mengisi konten majalah sekolah,” kata pegiat literasi tersebut.

Pada kesempatan ini, Ketua KPG Hayam Wuruk Yogyakarta Ponijo, S.Pd yang juga guru SMP Negeri 3 Yogyakarta melaporkan kegiatan komunitas selama ini, antara lain telah menerbitkan buku karya bersama bertajuk Perjumpaan yang Memotivasi : Bangga Jadi Guru. Dia juga mengajak para guru untuk menjadi anggota komunitas penulis guru ini.

Sekretaris KPG Niken Amri Amaniah, S.Ag menambahkan, komunitas yang beranggotakan guru jenjang SMP (enam orang), SD (tujuh orang) dan TK (delapan orang) ini memiliki program kerja tahun 2022 antara lain berkarya buku bersama pada momentum Hari Pendidikan Nasional dan Hari Guru Nasional, safari literasi ke sekolah sepanjang tahun, lomba menulis.   

Para guru SMP Negeri 3 Yogyakarta yang mengikuti safari literasi ini adalah Tujiyono, S.Pd, Indah Ramadhanty R., Retna Pratiwi D, Bayu Sukma, Astuti Nurohmayanti, Sri Sudarini, Yusuanik. Sedangkan dari KPG Hayam Wuruk 11 Yogyakarta adalah Ponijo, Niken Amri Amaniah, Ares Brilatin, Arif Rommi S, Ambarwati, dan Martini.

Acara safari literasi ini merupakan kegiatan perdana kemasyarakatan KPG setelah dibentuk pada tanggal 3 November 2021 di kantor Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kota Yogyakarta, Jalan Hayam Wuruk 11 Yogyakarta.  (*/lip)  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here