Tuesday, May 17, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomePendidikanSMP Negeri 1 Ngaglik Konsisten Tulis Pengalaman Pembelajaran Daring

SMP Negeri 1 Ngaglik Konsisten Tulis Pengalaman Pembelajaran Daring

 bernasnews.com – Warga Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMP N) 1 Ngaglik, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) konsisten menulis pengalaman pembelajaran daring atau pembelajaran jarak jauh (PJJ). Hal ini terbukti dalam tiga tahun terakhir, sekolah ini menerbitkan buku bertajuk Sinergitas Pembelajaran Daring – Inspirasi dari SMP N 1 Ngaglik Sleman DIY (2020), Transfer Ilmu tanpa Bertemu (2021) dan Kenangan Bertemu Omicron (2022). Ketiga buku ini diterbitkan Mitra Mekar Berkarya (MMB) Yogyakarta.

“Ya warga sekolah kami memiliki komitmen dalam pelaksanaan literasi sekolah. Selain melaksanakan petunjuk teknis literasi sekolah dari Pemerintah, kami juga rutin menulis buku. Pengalaman menjalani pembelajaran daring karena pandemi Covid 19 dalam dua tahun lebih ini sayang kalau tidak didokumentasikan dalam bentuk buku,” kata Wakil Kepala Kesiswaan SMP N 1 Ngaglik Eni Estuti Sabaryati, S.Ag., M.Pd. yang menjadi motor penggerak literasi sekolah kepada bernasnews.com melalui WhatsApp, Jumat (29/4/2022).

Menurut guru Pendidikan Agama Islam ini, karena penulisan buku sudah rutin atau menjadi tradisi di sekolah, kini justru para murid yang meminta kepada guru untuk menulis bersama. Siswa kelas bawah setelah melihat karya kakak-kakak kelas mereka, pada tahun berikut minta juga dibuatkan buku karya bersama.

“Ini menjadi kegembiraaan dan kebanggaan kami. Artinya, para siswa sudah memiliki kesadaran literasi yang tinggi. Kalau para muridnya sudah suka membaca dan menulis, semoga para guru demikian juga adanya,” kata Eni.

Tiga buku karya warga SMP N 1 Ngaglik Sinergitas Pembelajaran Daring – Inspirasi dari SMP N 1 Ngaglik Sleman DIY (2022), Transfer Ilmu tanpa Bertemu (2021) dan Kenangan Bertemu Omicron (2022). (Foto : Y.B. Margantoro/bernasnews.com)

Diklat bernasnews Digital Academy

Media bernasnews.com berkunjung ke sekolah ini pekan lalu dan menyerahkan proposal pendidikan dan latihan (diklat) literasi dari bernasnews Digital Academy (bDA). bDA merupakan sebuah lembaga pelatihan literasi di bidang digital.

“Melalui bDA yang dulu bernama Lembaga Pelatihan Jurnalistik Bernas (LPJB), manajemen bernasmnews.com mengajak masyarakat untuk peduli dan mulai terlibat dalam menyampaikan ide dan gagasan melalui tulisan di media massa,” kata Pemimpin Redaksi bernasnews.com yang juga Direktur bDA Y.B. Margantoro.

Kepala sekolah Dra Widi Hastuti, M.Pd. yang didampingi Waka Kesiswaan Eni Estuti Sabaryati, S.Ag., M.Pd. dan Waka Kurikulum Ripta Andi Marjaka, S.Kom menyambut baik atas tawaran pelatihan literasi bagi siswa dan guru ini.

Setelah mempelajari daftar paket pelatihan bDA, Eni Estuti Sabaryati tertarik memilih paket Bima dengan materi jurnalistik dasar, penulisan fakta-opini-fiksi, serta fotografi dan konten kreator. “Ini cocok untuk para siswa kami. Nanti setelah lebaran, kita adakan diklat untuk siswa di sekolah,” kata Waka Kesiswaan ini. (mar)    

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments