Monday, June 27, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomePendidikanSMP N 3 Mlati Sleman Bersama bDA Kembangkan Literasi Sekolah

SMP N 3 Mlati Sleman Bersama bDA Kembangkan Literasi Sekolah

bernasnews.com – Kerja sama dan kebersamaan dalam mengembangkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dan Merdeka Belajar antara sekolah dan media pers sangat perlu. Diharapkan, dengan kerja sama tersebut warga sekolah dapat mengembangkan diri dan bertumbuh lebih baik.

Hal tersebut mengemuka saat penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) antara Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMP N) 3 Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Dra. Nurhidayati, M.Pd. dan Direktur bernasnews Digital Academy (bDA) Y.B. Margantoro di sekolah setempat, Gedongan, Tlogoadi, Mlati, Sleman, Senin (30/5/2022).

Kegiatan yang dikerjasamakan adalah pelatihan jurnalistik/literasi bagi siswa/guru, lomba menulis siswa/guru, pendampingan penerbitan media sekolah, serta penerbitan dan diskusi buku.

Dra. Nurhidayati, M.Pd. dalam sambutan pada acara itu menekankan pentingnya keberadaan dan kegiatan literasi sekolah bagi warga sekolah. Keberhasilan dalam pelaksanaan GLS pada akhirnya membantu pelestarian peradaban.

Dra. Nurhidayati menandatangani MoU antara SMP N 3 Mlati Sleman dan bDA disaksikan Y.B. Margantoro di sekolah setempat, Senin (30/5/2022). Foto : Eva Mintarsih/bernasnews.com

“Belum lama ini kami menerbitkan buku karya guru dan karyawan berjudul Menulis dengan Hati. Saya memaknai karya tulis saya dalam buku antologi nonfiksi dan fiksi itu dengan satu kata yakni OPEN. Secara keseluruhan, OPEN itu singkatan dari optimis, potensi, empati dan no dendam. Saat ini masih dalam proses karya tulis para siswa,” kata dia.

Y.B. Margantoro menyampaikan apresiasi setiap upaya mengembangkan kecerdasan, etika, keterampilan dan kepekaan sosial untuk berbagi khususnya bagi anak-anak bangsa. Untuk pengembangan kemampuan seperti itu antara lain dapat dilakukan melalui pendidikan dan pelatihan (diklat) jurnalistik atau literasi.            

“Belajar jurnalistik di usia muda saat belajar di sekolah tidak harus menjadi jurnalis di kemudian hari. Namun setidaknya akan sangat membantu warga sekolah dalam bidang kepenulisan, kecerdasan, penalaran, kepekaan sosial, dan kepemimpinan.

Media bernasnews.com melalui lembaga diklat sumber daya manusia bernasnews Digital Academy (bDA) siap bekerja sama dengan para pihak untuk belajar dan berkarya bersama di bidang jurnalistik, media, dan literasi,” kata dia. (mar)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments