Thursday, June 30, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsSMP N 1 Ngaglik, Sleman Kerjasama Literasi dengan bDA

SMP N 1 Ngaglik, Sleman Kerjasama Literasi dengan bDA

bernasnews.com – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMP N) 1 Ngaglik, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melakukan kerjasama bidang literasi sekolah dengan bernasnews Digital Academy (bDA). Penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dilakukan oleh Kepala SMP N 1 Ngaglik Dra. Widi Hastuti, M.Pd dan Direktur bDA Y.B. Margantoro di ruang kepala sekolah setempat, Kayunan, Donoharjo, Ngaglik, Sleman, DIY, Senin (23/5/2022).

Widi Hastuti yang didampingi Wakil Kepala Kesiswaan Eni Estuti Sabaryati, S.Ag. M.Pd. berharap, dengan adanya kerjasama ini gerakan literasi sekolah (GLS) setempat dapat berjalan lebih baik dan menumbuhkan kompetensi warga sekolah di bidang literasi, jurnalistik dan media sekolah.

Y.B. Margantoro mengapresasi sekolah ini memberikan layanan pendidikan lebih baik kepada warga sekolah khususnya di bidang literasi. Kerjasama dengan bDA sebagai lembaga pelatihan bidang digital di bawah bernasnews.com ini merupakan langkah strategis untuk mendukung pengembangan kualitas dan keterampilan warga sekolah.

Hal-hal yang dilakukan kerjasama ini adalah : pelatihan jurnalistik/literasi bagi siswa/guru, lomba karya tulis siswa/guru, pendampingan media sekolah, serta penerbitan buku dan diskusi buku.

Para siswa SMP N 1 Ngaglik Sleman menerima sertifikat pelaksanaan PISA di sekolah setempat, Senin (23/5). Foto : Humas SMP N 1 Ngaglik, Sleman

Kegiatan PISA

Hari Senin (23/5) pagi hingga siang hari, SMP Negeri 1 Ngaglik diberikan kepercayaan sebagai piloting kegiatan Programme For International Student Assessment (PISA).

“Ada 11 SMP di Kabupaten Sleman yang mengikuti kegiatan PISA tersebut.  Peserta kegiatan PISA adalah siswa SMP Negeri 1 Ngaglik yang berusia 15 tahun. PISA dilaksanakan setiap tiga tahun, dan diambil secara acak. Tujuan program ini adalah untuk menilai sejauh mana siswa di negara OECD (dan negara lainnya) telah memperoleh kemahiran yang tepat dalam membaca, matematika dan ilmu pengetahuan untuk membuat kontribusi yang signifikan terhadap masyarakat mereka,” kata Waka Kesiswaan Eni Estuti Sabaryati.

Manfaat PISA adalah untuk mendapatkan data-data perkembangan pendidikan secara akurat, membandingkan capaian kompetensi kecakapan hidup siswa Indonesia terhadap standar internasional, serta mengetahui perkembangan capaian tersebut antar waktu.

Selain itu, sebagai sarana untuk saling berbagi pengalaman dan praktik baik tentang sistem pendidikan dengan negara peserta PISA lainnya. Serta mengetahui kekurangan suatu sistem pendidikan sehingga dapat dilakukan perbaikan yang efektif.

Eni Estuti menjelaskan pula, guna kelanjutan studi bagi siswa kelas IX SMP Negeri 1 Ngaglik, sekolah ini berkerjasama dengan  Lembaga Psikologi Bina Asih Yogyakarta untuk melaksanakan tes peminatan bagi kelas IX.  Tes bertujuan sebagai acuan penjurusan pada saat mereka memasuki jenjang sekolah berikutnya, baik SMA atau SMK. (mar)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments