Thursday, June 30, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsSMP N 1 Ngaglik Adakan Pameran Karya Siswa Songsong Kurikulum Merdeka

SMP N 1 Ngaglik Adakan Pameran Karya Siswa Songsong Kurikulum Merdeka

bernasnews.com – Menyongsong Kurikulum Merdeka, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMP N) 1 Ngaglik, Sleman mengadakan pameran karya siswa dan guru setempat. Pameran hasil kreativitas serta produk karya seni ini merupakan buah kolaborasi antara Guru Seni Rupa Sri Widayati, S.Pd,, Guru Prakarya Wigan Herwidananto, S.Pd., Waka Kesiswaan Eni Estuti Sabaryati, S.Ag, M.Pd dan Pembina OSIS SMP Negeri 1 Ngaglik Muhammad Azwar Anar, M.Or.

“Kegiatan pameran karya seni peserta didik dan guru ini dibuka oleh Kepala SMP Negeri 1 Ngaglik Bu Widi Hastuti, M.Pd., hari Kamis 2 Juni 2022 pukul 09.00 WIB ditandai pengguntingan pita. Pameran hasil karya seni berlangsung dari tanggal 2 Juni – 25 Juni 2022. Diharapkan, pameran ini mampu memikat orangtua serta calon siswa pada proses PPDB SMP Negeri 1 Ngaglik tahun pelajaran 2022/2023,” kata Waka Kesiswaan SMP N 1 Ngaglik Sleman Eni Estuti Sabaryati kepada bernasnews.com via whatsApp, Jumat (3/6/2022).

Lebih lanjut dia mengatakan, dengan Kurikulum Merdeka nantinya SMP Negeri 1 Ngaglik sebagai satuan pendidikan dan guru memiliki keleluasaan untuk membuat skenario pembelajaran sesuai kebutuhan peserta didik dan konteks budaya lokal. Pemerintah telah menyediakan perangkat bahan ajar untuk membantu satuan pendidikan dan guru yang membutuhkan panduan dalam merancang kurikulum dan pembelajaran. Meski demikian, sekolah juga dianjurkan dapat melibatkan orangtua dan masyarakat dalam mengembangkan Kurikulum Merdeka berdasarkan kerangka kurikulum tersebut.

Dari struktur Kurikulum Merdeka diharapkan 33% peserta didik dapat menghasilkan proyek, produk dari setiap mata pelajaran yang dilakukan di sekolah. Sehingga guna menyiapkan dan menyongsong kurikulum merdeka, SMP Negeri 1 Ngaglik dengan jargon “Padhepokan Sang Jawara” melaksanakan pameran hasil karya seni dari peserta didik dan guru yang telah dihasilkan selama satu tahun ini.

Adapun karya yang dipamerkan dalam kegiatan ini meliputi karya dua dimensi dan tiga dimensi. Stand pameran terdiri dari mata pelajaran Seni Rupa : meliputi gambar ragam hias, ilustrasi, poster, karya seni terapan seperti taplak lukis dan batik; Prakarya : pigura bahan bekas, kerajinan bahan lunak (sabun, clay, lilin, serat alam dan gypsum), kerajinan limbah keras (kaleng, kaca, plastik dan kayu ), kerajinan vas bunga, pot dari botol bekas air mineral, tas tote bag dari kain perca, makrame pot gantung dan ukiran kayu.

Selanjutnya IPA menampilkan karya pemanfaatan elektromagnetik (bel sederhana)  dan proyek percobaan hukum pascal serta pop up lapisan atmosfer; IPS  menampilkan ragam gambar mata uang dunia, sejarah alam dan bangunan bersejarah di dunia.

Kemudian Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Jawa menampilkan peta materi karya ilustrasi cerita dan contoh karya surat; PKN menampilkan berbagai peta konsep tema kenegaraan; Pendidikan Agama Islam menampilkan komik hasil karya siswa dan guru; Tim Adiwiyata sekolah  menampilkan berbagai karya diantaranya wall decor kantin sehat, hidroponik, pengolahan sampah dan lain-lain; serta karya hasil aksi nyata Guru Penggerak di SMP Negeri 1 Ngaglik, Sleman.

“Kegiatan pameran karya seni peserta didik dan guru tersebut bertujuan untuk meningkatkan  profesionalisme guru serta memotivasi peserta didik untuk  mandiri, kreatif, inovatif, gotong royong, berpikir kritis. Disamping itu juga untuk menumbuhkan jiwa profil pelajar Pancasila seperti amanat Mas Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Ristek Nadiem Makarim dalam Kurikulum Merdeka,” kata Eni. (mar)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments