Thursday, August 18, 2022
spot_img
spot_img
HomePendidikanSMP Muhammadiyah 1 Seyegan Sleman Siapkan Antologi Kultum Pandemi

SMP Muhammadiyah 1 Seyegan Sleman Siapkan Antologi Kultum Pandemi

bernasnews.com – Kepala SMP Muhammadiyah 1 Seyegan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Rochmadi, S.Sos.I mengapresiasi pelatihan literasi bagi warga sekolah khususnya guru. Karena guru adalah pendamping utama  bagi keberhasilan gerakan literasi sekolah.

 “Adanya diklat literasi ini sangat bermanfaat untuk belajar menulis para guru. Bagi kami, kegiatan ini kebetulan sekali. Kami baru mengadakan program penyusunan antologi kultum saat pandemi Setiap hari Jumat guru menyampaikan kultum secara bergiliran. Naskahnya dikumpulkan untuk dijadikan buku. Di samping itu, kami juga sedang menyusun antologi puisi tentang vaksin covid. Semoga hai ini saling mendukung,” kata Rochmadi, S.Sos.I. saat membuka diklat literasi dari Majalah Literasi Guru (Maligu) di sekolah setempat, Grogol, Margodadi, Seyegan, Sleman, DIY, Jumat (29/7/2022).

Narasumber dari Maligu Drs Praba Pangripta, Susy Ernawati, MPd. dan tim memberikan dasar-dasar penulisan untuk media. Selesai pelatihan dibuka sesi dialog yang disambut antusias para guru.

Menanamkan sikap disiplin  

Guru SMP Muhammadiyah 1 Seyegan, Sleman Sugiyarti, M.Pd. dalam siaran pers ke bernasnews.com mengemukakan, sekolah ini lahir pada tanggal 1 Januari 1967. Berdirinya sekolah diprakarsai oleh  Pimpinan Cabang Muhammadiyah  Seyegan yang diketuai oleh Siswo Sarjono (Terwilen), Suhodo (Seyegan), Suprapto (Barak), Semi (Susukan), Ponidi (Gendengan) dan lain-lain.  

Dalam awal pembangunannya, Pimpinan Cabang Seyegan memberikan mandat untuk setiap ranting membangun satu lokal kelas. Sesuai jumlah ranting yang ada di Seyegan yaitu Margokaton, Margoluwih, Margodadi dan Margomulyo,  maka terbentuklah empat ruang kelas. Kini sekolah ini semakin berkembang.

SMP Muhammadiyah 1 Seyegan memiliki visi : Terwujudnya warga sekolah yang Islami, berintegritas dan berprestasi. Sedangkan misinya : Menanamkan sikap disiplin, rajin beribadah, tanggung jawab, jujur dan nilai sopan santun dalam kehidupan sehari-hari.

Sekolah ini terletak di tengah dusun Grogol, Margodadi, Seyegan, Sleman.  Letak sekolah yang ada di tengah dusun Grogol memiliki lingkungan yang asri dan kondusif untuk belajar. Ekstrakurikuler yang wajib diikuti yaitu Hisbul Whathon (HW) dan Tapak Suci. Sedangkan ekstrakurikuler pilihan diantaranya : tari, sepakbola, karawitan, drum band, dan olah vokal.

Sekolah juga sangat peduli terhadap peningkatan SDM pendidik, tenaga kependidikan dan murid dalam peningkatan sikap spiritual. Diantaranya yaitu pelaksanaan jamaah shalat Dhuha pada saat istirahat awal, jamaah shalat Luhur dan jamaah shalat Asyar. Diklat lain yang sebelumnya dilaksanakan yaitu public speaking untuk penguatan literasi berbicara bagi para guru dan karyawan.

Dengan meningkatnya SDM para guru dan karyawan diharapkan akan meningkat pula mutu pelayanan terhadap anak didik. Hal ini juga ditandai dengan launching website dan Mars Musase pada tanggal 26 Juni 2022 atas kerjasama SMP Muhammadiyah 1 Seyegan dengan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). (*/mar)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments