Home Pendidikan SMKN 3 Yogyakarta Luncurkan Aplikasi Mobile Pencari Kerja

SMKN 3 Yogyakarta Luncurkan Aplikasi Mobile Pencari Kerja

1059
0
Tampilan website Skataga Career Center - Bursa Kerja Online. (Dok. Skataga)

BERNASNEWS.COM — SMKN 3 Yogyakarta atau juga dikenal dengan SKAGATA bekerja sama dengan Startup Kementrian Riset dan Teknologi Informasi meluncurkan Aplikasi Android Pijar Career yang telah dapat diunduh di Google Playstore mulai tanggal 21 Agustus 2019. Bersamaan dengan peluncuran ini sekaligus juga dilakukan penambahan fitur baru pada Sistem Informasi Karir berbasis website Skagata Career Center yang telah diluncurkan pada tahun 2018 lalu.

Pijar Career merupakan bentuk Aplikasi Android Pencari Kerja bagi alumni SMK yang pertama di Indonesia, aplikasi mobile ini merupakan integrasi dari Website Sigata Center yang beralamat di www.bursakerjasmk.sch.id. Aplikasi dibuat untuk memudahkan para pencari kerja alumni SMK, agar mudah mencari informasi lowongan dan melamar pekerjaan, serta memudahkan perusahaan agar mendapatkan kandidat yang sesuai dengan kompetensi lowongan pekerjaan yang dibutuhkan.

“Saat ini disrupsi digital sudah ada di depan mata, berbagai kemudahan yang didapatkan oleh generasi milenial dalam mendapatkan informasi sudah mereka rasakan melalui telepon genggam android. Kami ingin lebih memudahkan para pencari kerja aluni SMK, perusahaan pencari tenaga kerja, dan Bursa Kerja Khusus (BKK) yang bertugas untuk mengantar alumninya agar terserap ke dunia kerja,” terang Faiz Mudhokhi, S.Pd selaku Koordinator BKK SMKN 3 Yogyakarta kepada Bernasnews.com beberapa waktu lalu.

Faiz Mudhokhi menambahkan, bahwa Website Skagata Career Center adalah Portal Karir SMK pertama di Indonesia dan kini bekerja sama membuat aplikasi android untuk pencari kerja alumni SMK agar semakin lebih mudah dalam mendapatkan informasi serta melamar pekerjaan.

“Kami juga sangat optimis dengan adanya aplikasi android ini, alumni SMK kami dapat dengan mudah mendapatkan pekerjaan. Adanya penambahan fitur penelusuran alumni atau tracer study dapat membantu kami mendapatkan informasi kondisi terkini alumni, serta penambahan fitur Test Kebribadian yang dapat digunakan secara online oleh siswa SMK dan pencari kerja SMK. Juga agar BKK dan Perusahaan Pencari Tenaga Kerja dapat mengarahkan pada posisi lowongan kerja sesuai dengan minat dan kemampuan,” imbuh Faiz.

Sementara itu, CTO Startup Pijar Career M. Yusuf, mengatakan, untuk mendukung pelaksanaan layanan BKK di SMK dibutuhkan platform yang mampu memberikan kemudahan kepada semua pihak yang membutuhkan pencari kerja atau pencari kerja. Dan Startup Pijar Career sebagai sekelompok developer alumni SMK berusaha untuk memberikan kontribusinya. “Sebagai seorang developer, inilah yang dapat Tim Pijar kontribusikan dalam mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia. Melalui code, kita berupaya untuk menyalurkan alumni SMK pada karir yang sesuai,”ujar Yusuf.

Menurut CEO Startup Pijar Career Bayuarga Damar, siswa dan alumni SMK harus difasilitasi oleh sekolah melalui sebuah platform yang dapat membantu mereka dalam menemukan karir yang sesuai. Baik kesesuaian jurusan, syarat dan juga kepribadian. Hal ini juga dalam upaya menurunkan angka pengangguran di Indonesia. Melalui SMK, dengan mengintegrasikan BKK, siswa dan alumni SMK, serta perusahaan melalui sebuah platform digital yang mudah. Dan karya tim ini sebagai kado dalam memeriahkan HUT Ke 74 Kemerdekaan Bangsa Indonesia.

“Sistem Informasi Karir dan Aplikasi Android Pijar Career ini juga dapat digunakan oleh seluruh Bursa Kerja Khusus SMK dengan mudah, sehingga pengelolaan informasi lowongan kerja, penulusuran alumni, serta sistem seleksi administrasi kandidat tenaga kerja dapat lebih memberikan layanan terbaik, cepat dan data penelusuran tamatan kita secara mudah dapat ditampilkan secara lengkap, paperless, realtime dan informatif kepada stakeholder SMK. Mulai dari persebaran alumni, linieritas jurusan dengan karir hingga keterserapan alumni terhadap dunia kerja,” tukasnya. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here