Home Pendidikan SMKN 2 Yogyakarta Memantabkan Sebagai Sekolah Berbasis Industri

SMKN 2 Yogyakarta Memantabkan Sebagai Sekolah Berbasis Industri

1545
0
Peserta dari SMKN 2 Yogyakarta diwakili oleh 10 siswa terpilih dari kelas XII TKRO foto bersama di Cikarang Technopark yang lokasinya tidak jauh dari pabrik perakitan Mitsubishi. (Foto: Istimewa)

BERNASNEWS.COM — Setelah sukses dengan Mitsubishi School Program (MSP), pada tahun 2020 ini Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) SMKN 2 Yogyakarta lebih memantabkan diri sebagai sekolah berbasis industri dengan mengembangkan kerjasama lagi menggandeng PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (PT MMKI). Hal tersebut disampaikan Waka Humas SMKN 2 Yogyakarta Sumadi, Senin (27/1/2020).

Peserta dari SMKN 2 Yogyakarta diwakili oleh 10 siswa terpilih dari kelas XII TKRO foto bersama. (Foto: Istimewa)

“PT MMKI merupakan perusahaan manufaktur yang membuat dan merakit mobil merk Mitsubishi di Indonesia, dimana mobil Mitsubishi setelah diproduksi oleh PT MMKI akan didistribusikan oleh PT MMKSI sebagai Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) Mitsubishi, termasuk yang mensupport after sales, service, spare parts, training, dan sebagainya,” terang Sumadi.

Penandatanganan MOU kerjasama tersebut antara PT MMKI dengan lima sekolah binaannya, salah satunya SMKN 2 Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

Kerjasama SMKN 2 Yogyakarta dengan PT MMKI ini diawali dengan program 12 days training. Program ini diselenggarakan oleh PT MMKI, tanggal 20 Januari – 4 Februari 2020, di Cikarang Technopark yang lokasinya tidak jauh dari pabrik perakitan Mitsubishi, di GIIC Karawang, Jawa Barat.

Siswa SMK peserta Program 12 days training oleh PT. MMKI. (Foto: Istimewa)

Dalam kegiatan ini pihak MMKI memberikan pelatihan kepada siswa-siswa SMK binaannya selama 12 hari, berupa pengembangan kompetensi meliputi materi-materi dasar manufaktur, yaitu stamping, welding, painting dan assembling, baik teori, simulasi/ praktik ringan, maupun factory tour guna menambah wawasan, pengetahuan dan keterampilan bagi peserta training.

“Diharapkan dari program ini nantinya siswa-siswa peserta pelatihan ini dapat direkomendasikan untuk mengisi lowongan bekerja di PT MMKI setelah lulus nantinya. Peserta dari SMKN 2 Yogyakarta diwakili oleh 10 siswa terpilih dari kelas XII TKRO,” ungkap Sumadi.

Para peserta dengan didampingi oleh kepala sekolah foto bersama usai mendapatkan paparan dari PT.MMKI. (Foto: Istimewa)

Sementara, dalam acara pembukaan “12 days training program”, tanggal 20 Januari 2020, sekaligus diselenggarakan penandatanganan MOU kerjasama tersebut antara PT MMKI dengan lima sekolah binaannya, salah satunya SMKN 2 Yogyakarta. “Dari pihak PT MMKI ditandatangani oleh Bapak Priyanto selaku Direktur HRGA PT MMKI, sedangkan dari SMKN 2 Yogyakarta ditandatangani oleh Bapak Dodot Yuliantoro, S.Pd.,MT. selaku Kepala SMKN 2 Yogyakarta,” kata Sumadi. (nun/ ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here