Home Pendidikan SMKN 2 Yogyakarta Laksanakan Giat MPLSPDB dan MPKPDB

SMKN 2 Yogyakarta Laksanakan Giat MPLSPDB dan MPKPDB

304
0
SMK Negeri 2 Yogyakarta menyelenggarakan giat Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Peserta Didik Baru (MPLSPDB) dan Masa Pembentukan Karakter Peserta Didik Baru (MPKPDB), dengan tema "Belajardari Covid-19” , Senin (13/7/2020). Foto: Istimewa.

BERNASNEWS.COM — SMK Negeri 2 Yogyakarta menyelenggarakan giat Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Peserta Didik Baru (MPLSPDB) dan Masa Pembentukan Karakter Peserta Didik Baru (MPKPDB), Senin (13/7/2020). Kegiatan bertemakan “Belajar dari Covid-19” ini, bertujuan untuk memperkenalkan peserta didik baru terhadap lingkungan sekolah.

Para nara sumber MPLSPDB sedan menyampaikan materi dihadapan kamera di ruang sekolah yang disulap menjadi studio mini. (Foto: Istimewa)

“Bukan hanya lingkungan yang berbentuk fisik, artinya ruang pembelajaran, bengkel jurusan dan fasilitas fisik lainnya. Namun juga kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan peserta didik dengan budaya yang ada di sekolah, khususnya budaya yang diterapkan oleh SMK Negeri 2 Yogyakarta,” terang Drs. Sumadi, MPd selaku Waka Humas SMKN 2 Yogyakarta di sela-sela kegiatan.

Menurut Sumadi, kegiatan MPLSPDB dilaksanakan secara daring (online) dengan menggunakan kombinasi sarana, antara lain dengan zoom, googleclassroom dan whatsapp (WA). “Secara teknis, dilaksanakan selama tiga hari. Di hari pertama, kedua dan ketiga dilaksanakan dengan tatap muka via zoom dan belajar mandiri dengan googleclassroom,” ungkap Sumadi.

Beberapa materi yang disampaikan pada hari pertama. (Foto: Istimewa)

Materi MPLSPDB meliputi, pengenalan lingkungan sekolah, pengenalan budaya belajar tuntas, budaya industri yang diterapkan di SMKN 2 Yogyakarta, budaya 5R (ringkas, rapi, resik, rawat, rajin) dan pengenalan budaya 3S (senyum, sapa, malam).

Sementara, materi MPKPDB antara lain, pencegahan Penyalahgunaan NAPZA dari BNNK, motivasi belajar di masa pandemi oleh psikolog, antisipasi vandalism/ kejahatan jalanan di kalangan pelajar oleh Polresta Yogyakarta, serta antisipasi penyebaran dan penanggulangan Covid-19 oleh BPBD.

“Harapan dari kegiatan ini, adalah dapat mempersiapkan peserta didik baru dalam mengikuti pembelajaran di SMKN 2 Yogyakarta. Sekaligus membentuk karakter siswa yang jujur, mandiri, disiplin dan bertanggung jawab,” tutup Sumadi. (nun/ ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here